Nasi Bakar di Korea

0
98

Nasi Bakar

Mana ada nasi bakar di Korea. Tapi tidak ada salahnya berharap suatu saat nemu entah di mana ketika masih di sini.

daun sycamore pembungkus nasi bakar
Daun Sycamore (foto: @utamiutar)

Daun Pisang di Korea

Baik di warung, pasar, maupun super market, tak sekalipun saya lihat daun pisang. Tak ada pohon pisang di sini sejauh yang saya tahu. Kalau pisang yang dibekukan ada. Itu pun impor dari Filipina atau Thailand. Jadi ketika ingin membuat nasi bakar sendiri, ketiadaan daun pisang yang jadi pembungkusnya membatalkan rencana saya.

Pohon dan Daun Sycamore

pohon sycamore - nasi bakar di korea
Pohon Sycamore di Musim Gugur
pohon sycamore - nasi bakar di korea
pohon sycamore - nasi bakar di korea
pohon sycamore - nasi bakar di korea
pohon sycamore
pohon sycamore saat musim gugur

Saat ini di semenanjung Korea sedang musim gugur. Daun pohon sycamore atau orang Korea menyebutnya peullataneose (플라타너스) mulai berguguran. Ukuran dan teksturnya yang mirip daun jati membuat saya berpikir. Kenapa tidak mencobanya sebagai pengganti daun pisang buat membungkus nasi bakar, begitu yang muncul dalam benak. Saya kumpulkanlah daun-daun sycamore yang bertebaran di pinggir jalan itu. Sebagian orang Korea melihat apa yang saya lakukan dengan wajah keheranan. Saya tak peduli. Air liur seakan mau menetes saat membayangkan sebentar lagi bisa menikmati nasi yang saya rindukan ini.

daun sycamore - nasi bakar di korea
Lebar dan Tekstur Daun Sycamore Seperti Daun Jati
daun sycamore - nasi bakar di korea
daun sycamore - nasi bakar di korea
daun sycamore
daun sycamore
Daun Sycamore Berjatuhan di Musim Gugur

Hidup Harus Kreatif

Jadi orang memang harus kreatif. Tak ada rotan, akar pun jadi. Daun pisang tidak ada, daun sycamore kenapa tidak. The show must go on. Namun akhirnya saya hanya bisa menelan ludah, bukan nasi yang bikin ngiler itu. Daun sycamore ternyata beracun. Daun ini mengandung racun Hypoglycin A (HGA) yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot. Ngeri amat. Daripada puas makan nasi bakar tapi kemudian tidak bisa ngupil karena jari tangan tak bisa digerakkan, baiklah, mesti bersabar untuk sekarang.

daun sycamore pembungkus nasi bakar
Pohon Sycamore Saat Musim Panas

Masih Ada Harapan Makan Nasi Bakar

Harapan tetap masih ada. Masih ada daun teratai yang super lebar. Jauh lebih lebar dari daun sycamore. Dan daun teratai ini jelas aman untuk dikonsumsi karena orang Korea menggunakannya untuk membuat nasi bungkus daun teratai. Daun teratai ini juga dijadikan teh meskipun rasanya nggak karuan. Karena rasa teh ini, sampai-sampai saya bikin tulisan di blog ini http://wongkamfung.com/teh-korea-tehnya-orang-korea/. Silakan baca kalau penasaran. Masalahnya, sampai sekarang saya belum nemu. Saya sudah coba cari di pasar, Asia store, atau via online. Barang satu itu tidak ada. Memang mesti tanya ke teman asli Korea harus nyari di mana. Oh, nasi bakar …

(Video: @utamiutar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here