Belum lama ini saya nemu tempat ngopi di Bogor yang mulai dirintis pada 1943. Usia yang sudah bisa jadi jaminan kalau tempat ngopi di Bogor ini bukan warung kopi biasa. Ketangguhan usahanya pasti dilandasi kualitas dan citarasa kopinya yang tidak main-main. Kopi yang dimiliki jelas punya keunggulan.

Tempat ngopi di Bogor ini sekarang berarti sudah berusia 75 tahun. Tapi dia tidak lahir di Bogor. Tidak menua di Kota Hujan ini. Dia lahir di Belitong. Besar di sana. Baru dua tiga bulan yang lalu masuk Bogor. Itu kata teman baik yang ngajak nongkrong di situ.

Sebenarnya saya dan teman saya ini sudah ngopi di sebuah kafe di Sentul. Kafe ini hanya sebagai pengganti setelah kafe tujuan awal yang juga ada di wilayah Sentul ternyata sudah tutup. Sebetulnya tempatnya asyik buat nongkrong. Sayangnya rasa kopi dan kudapannya tidak karuan. Meskipun demikian, saya tak kecewa-kecewa amat. Justru itu sebagai pembuktian atas apa yang dikatakan teman baik saya itu tentang kafe tersebut. Bahwa tempatnya enak, tapi kopinya tidak asyik. Dan memang benar adanya. “Benar kan apa yang aku bilang?” Begitu katanya. Sebagai verifikasi pernyataan dia sebelum sampai di kafe itu.

Tempat Ngopi di Bogor

Tempat ngopi di Bogor jumlahnya puluhan. Waktu itu pernah iseng-iseng mendata jumlah tempat ngopi di Bogor bareng teman-teman. Kapan persisnya saya lupa. Mungkin setahun atau dua tahun yang lalu. Hasilnya cukup bikin berdecak. Ada 40 lebih tempat ngopi di Bogor. Itu hanya yang ada di Kota Bogor. Bila ditambah tempat ngopi yang berada di Kabupaten Bogor, bisa jadi mencapai angka 100 mengingat perkembangan pesat usaha warung kopi saat ini.

Dari sekian puluh tempat ngopi di Bogor itu, beberapa di antaranya sekarang sudah tak ada lagi. Namun bermunculan pula tempat-tempat ngopi baru sebagai penggantinya. Sudah biasa terjadi, buka tutup sebuah usaha. Termasuk dalam bisnis tempat ngopi.

Kong Djie Coffee termasuk tempat ngopi di Bogor yang tergolong baru. Kopi yang disajikan bukan kopi khas Bogor meskipun ada di kota ini. Warung kopi yang aslinya dari Belitong ini waralabanya bahkan ada di dua lokasi di Bogor. Pertama ada di Jln. A. Yani No. 26. Yang kedua ada di Jln. Raya Pajajaran No. 78G.

tempat ngopi di bogor
Tempat Ngopi di Bogor: Kong Djie Coffee Jln. A. Yani

Racikan kopi asal Belitong ini khas. Alat seduhnya menggunakan teko tinggi. Dari rasanya, kopi yang digunakan adalah jenis robusta yang disangrai gosong (dark roasted).

Andalan Kong Djie Coffee adalah es kopi susu. Tapi saya lebih suka memesan es kopi hitam. Dengan tanpa susu, kenikmatan pahit kopi robustanya lebih terasa. Namun semua kembali ke selera masing-masing. Lalu ditemani roti bakar sebagai kudapan, sempurna sudah ritual ngopi yang dijalani.

Tempat Ngopi di Bogor yang Enak

Bicara tempat ngopi yang enak bisa mengacu ke kopinya, tempatnya, atau dua-duanya. Yang diharapkan tentu saja dua-duanya. Tapi ada tempat-tempat yang kopinya sebenarnya asyik tapi sayang tempat dan suasananya tidak mendukung. Begitu juga sebaliknya. Tempatnya nyaman, enak buat nongkrong, sayang kopinya seperti ‘kencing kuda’.

Kalau kopi yang tersaji di Kong Djie bercitarasa jadul, kopi yang rasa dan cara penyajiannya kekinian lebih banyak lagi jumlahnya. Kopi kekinian itu bisa didapati di banyak tempat ngopi atau kafe yang tersebar di Bogor. Kafe-kafe ini ada yang merupakan waralaba, ada pula yang dijalankan di bawah nama dagang sendiri. Info dan lokasi kafe-kafe itu bisa dilihat di salah satu akun di Instagram bernama @kopibogor. Akun ini fokus pada kopi dan tempat ngopi di Bogor.

tempat ngopi di bogor
Tempat Ngopi di Bogor: Kong Djie Coffee Jln. Raya Pajajaran

Untuk tempat ngopi di Bogor yang enak, balik lagi ke selera masing-masing. Ada yang lebih mementingkan tempat daripada kopinya. Ada pula yang memang berburu kopi enak, tidak peduli tempatnya sederhana dan terpencil. Bila Anda bisa menemukan keduanya, tempatnya asyik dan kopinya enak, Anda sungguh beruntung!

Bagi saya, ada beberapa tempat ngopi di Bogor yang enak tergantung pas saya lagi pengin nyeruput kopi yang mana. Kadang-kadang saya mencecap espresso yang ada di kafe. Ada kalanya saya nongkrong sambil menikmati kopi tubruk di warkop. Sekali tempo meluncur ke tempat ngopi yang kopinya terasa jadul macam di Kong Djie.

Memang, setiap orang punya definisi ngopi enak sendiri-sendiri. Ngopi enak saya bisa jadi beda dengan Anda. Begitu juga kriteria tempat ngopi enak di Bogor.

Tempat ngopi juga bisa penuh kenangan. Di dua Kong Djie Coffee itulah di antara banyak tempat ngopi di Bogor di mana kenangan manis saya tertinggal.

Sumber gambar: koleksi pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here