Ini bukan tentang tempat jajan di Bogor yang direkomendasikan. Justru sebaliknya, saya ingin minta tolong anda semua merekomendasikan tempat makan yang representatif di Bogor. Representatif dalam artian masakan/minumannya enak, tempatnya nyaman dan tenang, serta harganya wajar syukur-syukur murah.

Wisata kuliner itu menyenangkan dan mengenyangkan. Menyenangkan karena kadangkala kita mendapatkan sensasi dengan mengecap makanan yang kita santap. Apalagi bila makanan itu merupakan jenis baru yang pertama kalinya dicoba, barangkali bukan hanya menyenangkan tetapi juga menegangkan. Kalau sudah ada unsur menegangkan, cocoknya disebut petualangan kuliner, bukan wisata kuliner. Berwisata kuliner juga mengenyangkan. Hal ini sudah jelas dan tidak perlu dijelaskan lagi. Jika anda makan tetapi kok tidak menjadi kenyang, bisa jadi ada yang tidak beres dengan perut anda. πŸ˜‰

Di setiap kota atau desa pasti memiliki tempat andalan bagi penikmat masakan dan pemburu kuliner. Seperti di sini, di kota hujan Bogor ini, banyak bertebaran tempat makan. Anda bisa menemukan tempat makan yang menyediakan masakan asli Indonesia maupun internasional. Hidangan khas Bogor seperti taoge goreng dapat dengan mudah anda temukan. Anda barangkali memiliki tempat favorit untuk makan di Bogor. Bila demikian, bagilah informasi tempat makan favorit anda itu. Saya sangat berterima kasih bila anda mau melakukannya.

Bagi yang hobi jajan, setiap mengunjungi tempat pasti tidak ketinggalan berburu tempat makan. Jenis makanan atau minuman apa yang menjadi kegemaran anda? Saya hampir menggemari seluruh jenis masakan, yang penting halal saja. Adakalanya juga saya mencoba jenis masakan baru, baik itu dari daerah lain maupun negeri lain. Setelah mencobanya, kadang-kadang langsung terpikat adakalanya juga langsung minggat dan tidak berminat untuk mencoba lagi. Penyebab utama ketidakcocokan itu biasanya karena rasa, bukan tampilan atau aroma. Waktu pertama kali mencoba belalang goreng saat camping di Ujung Genteng misalnya, ternyata rasanya enak juga dan tidak menolak jika diminta untuk makan lagi.

Saya ini sudah bertahun-tahun tinggal di Bogor tetapi sampai sekarang belum menemukan tempat makan andalan untuk nongkrong. Syarat representatif yang saya tetapkan untuk tempat makan seperti yang saya sebutkan di awal paragraf ternyata tidak gampang ditemukan. Selalu ada salah satu atau salah dua dari tiga unsur yaitu rasa, tempat, dan harga yang tidak terpenuhi. Karena kesulitan yang saya temukan itu, makanya saya membuat tulisan ini. Saya yakin di antara anda yang tinggal atau pernah tinggal di Bogor atau tahu banyak tentang Bogor khususnya tempat makan, pasti bisa merekomendasikan ke mana saya dan siapapun yang berminat dengan wisata kuliner di Bogor hendak menuju. Rekomendasikanlah tempat makan di Bogor. Saya pasti akan datang mencobanya bila ada kesempatan. Bahkan jika anda mau, saya tidak berkeberatan mengajak anda makan di tempat yang anda rekomendasikan itu. Masalah cocok tidaknya, itu bisa diputuskan kemudian. Begitu khan?

Satu lagi yang perlu anda ketahui, saya ini vegetarian. Jadi tentu saja saya akan mengajak anda makan yang saya juga makan, kecuali memang saya ingin mentraktir anda. Itu lain perkara.

Sumber gambar: tokomesin.com

10 COMMENTS

  1. Ipb darmaga pk, tepatnya di Kampus dalam.di situ berjejer tempat makanan.,N harganya jg di sesuaikan dengan kantong mahasiswa N porsi nasi nya bisa nambah apalagi nasi nya nasi kuning ditambah ayam bakar rendang..saya sering Nongkrong disana.,tmpatnya Cozy N sekalian cuci mata juga he.he.,

  2. waa…sekali-kalinya makan dibogor itu dipinggir jalan setelah keluar tol depan terminal bus baranangsiang….

    tapi ngga tau deh sekarang masih ada apa ngga…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here