teori laba-labaSalah satu cara cepat ditemukan Google adalah dengan teknik yang disebut teori laba-laba. Sebagian dari anda barangkali sudah pernah mendengar istilah itu. Di dunia internet, teori laba-laba cukup dikenal, setidaknya di dunia internetnya WKF. Seperti apa teori laba-laba itu, mari diteruskan membacanya.

Istilah teori laba-laba saya dapatkan ketika mengikuti Pelatihan Monetizing Blog & SEO kemarin. Anda tahukan binatang laba-laba, berapa jumlah kakinya? Nggak apa-apa jika anda tidak tahu persis jumlahnya. Berapa banyak kaki serangga ini tidak penting. Saya hanya sekedar bertanya kok. Bagian yang penting dari laba-laba terkait dengan kecepatan dikenali mesin pencari Google bukan jumlah kakinya, melainkan perilakunya. Apa maksudnya? Jika anda sering memperhatikan apa yang dilakukan laba-laba untuk mendeteksi keberadaan mangsanya, anda akan tahu setidaknya bisa menebak apa yang saya maksud.

Saya tidak akan berlama-lama biar anda segera mengerti apa yang saya maksudkan. Pernah melihat cara laba-laba menangkap korbannya? Betul, dengan menggunakan rumah jaringnya yang berperekat. Binatang-binatang yang menjadi santapannya akan menempel saat menabrak jaring itu. Cara kerja Google dalam mendeteksi keberadaan blog dan situs online lainnya di internet sama persis seperti laba-laba dengan rumahnya. Jutaan blog yang gentayangan di dunia maya seperti berada di sarang laba-laba, sedangkan Google ibarat laba-labanya. Bagaimana laba-laba bisa tahu ada mangsa yang terjebak di sarangnya? Penyebabnya adalah karena binatang yang bernasib sial itu melakukan gerakan. Jika blog anda ingin segera β€˜ditangkap’ Google, maka jadikan blog anda bergerak. Apa lagi ini maksudnya?

Teori laba-laba memang istilah yang sangat tepat untuk menggambarkan perilaku Google. Jika di sarang laba-laba itu ada selembar uang 100 ribu dan seekor lalat, yang mana yang akan didatangi laba-laba? Tepat. Pasti si lalat yang akan disamperin. Beda, jika anda yang jadi laba-laba. Maklum mata duitan. Kenapa kok lalat yang dipilih? Tepat lagi! Karena lalatnya bergerak-gerak. Jadi kesimpulannya, bila blog anda ingin sering didatangi Google, gerakkanlah. Caranya? Gampang! Asal anda mau. Siapapun pemilik blog pasti bisa melakukan. Sering-seringlah mengupdate blog anda. Dengan mengupdatenya, itu artinya anda sedang membuat blog anda bergoyang. Jika blog anda bergoyang, akan datanglah Google si laba-laba. Apalagi kalau goyangannya sedahsyat goyang ngebor, minimal goyang patah-patah lah.

Ngomong-ngomong, kapan blog anda terakhir diupdate?

 

Sumber gambar: di sini

17 COMMENTS

  1. kwkwkwkkwkwkwkwkwkkkkk…
    bahasamu gan, kwkwkwkkwkwkwkwkk….
    tertawalah sebelum tertawa di…. tarif bayaran!!

    itu juga yang saya dapat dari kelas senam saya gan. eh kok kelas senam, mank w cewe? maksudnya kelas aerobic..

    ya pokok.e kelas belajar mengaji seo gan hahahaha…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here