foto gambar modem smartfren
Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A

Dengan menggunakan Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A, akses internet di tempat saya tinggal memang lumayan cepat. Tentu saja tidak ‘selebay’ iklannya di televisi yang kecepatannya diibaratkan mobil balap F1. Meskipun demikian, saya lebih suka untuk tidak merekomendasikan produk ini ke anda bila anda bermaksud ingin membeli sebuah modem. Kenapa?

Kesannya saya ini jahat ya? Kok begitu teganya-teganya-teganya menyarankan orang lain untuk tidak membeli sebuah produk. Tentu saja saya terima bila anda memiliki pemikiran seperti itu. Apalagi bila anda memiliki kepentingan dengan produk tersebut atau merasa dirugikan dengan ulasan (review) ini karena anda pegawai dari Smartfren misalnya, saya bisa lebih maklum lagi. Namun mau gimana lagi, sebagai seorang konsumen yang merasa tidak sreg dengan sebuah produk yang dibeli, wajar kan jika saya komplain? Saya hanya sedang menggunakan hak sebagai konsumen kok. Saya yakin pihak Smartfren tidak suka dengan komplain terbuka semacam ini, karena keluhan terbuka dari konsumennya semacam ini bisa dikatakan sebagai tindakan kontraproduktif. Saya hanya berharap saja semoga tulisan ini bukan ditanggapi sebagai pendiskreditan merek (terlalu berlebihan ya?) tetapi sebagai masukan untuk semakin meningkatkan kualitas produknya. Bukan hanya sekedar murah tetapi juga dibarengi dengan keandalan produk. Buat apa bayar murah jika hasilnya tidak memuaskan. Bukannya akses internetnya yang jadi kencang tetapi justru pemakainya yang menjadi cepat, cepat stress maksudnya. Repot kan?

Promosi Smartfren yang efektif melalui potongan harganya yang lumayan, dari 299 ribu jadi 199 ribu, dan gratis akses internet selama sebulan memang cukup memikat calon pembeli termasuk saya. Karena pengalaman positif menggunakan modem keluaran dari perusahaan yang sama (modem Mobi – Mobile Broadband Internet), maka ketika Smartfren mengeluarkan produk baru saya tanpa berpikir panjang langsung membeli. Namun sayangnya, produk terbarunya ini tidak sebandel modem Mobi. Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A ternyata tidak tahan panas. Modem yang satu ini tidak suka dipakai lama-lama. Belum sampai satu jam pemakaian, modem sudah panas. Akibatnya? Langsung disconnect! Yang saya lakukan adalah mengistirahatkan modem tersebut sesaat agar mendingin. Setelah cukup dingin, colokin lagi dan di-connect. Kejadian yang sama berulang lagi, modem jadi panas kemudian akses internet langsung putus. Aaahhhh… masak harus putus nyambung seperti ini? Kan nggak nyaman coy!

Cara lain juga saya coba. Modem itu saya telanjangi! Apa ini maksudnya? Penutup modem yang melindungi kartu Smart saya buka agar ada sirkulasi udara. Cukup lumayan bisa memperpanjang waktu pemakaian tetapi akhirnya modem tetap menjadi panas dan disconnect. Putus nyambung lagiii… putus nyambung lagi. Apa perlu direndam dengan air es selama pemakaian atau dipasang blower di sebelahnya? Ini mah namanya menyelesaikan masalah dengan menambah masalah! Air es dan blowernya itu cocoknya buat yang memakai, bukan modemnya, agar kepala dan hatinya tidak cepat panas.

Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A memang smart, smart dalam urusan akses internet, tetapi tidak friendly. Bagaimana bisa dikatakan friendly bila kelakuannya yang suka putus nyambung akibat cepat panas itu membuat sewot pemakainya?

Sumber gambar: koleksi pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here