foto gambar modem smartfren
Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A

Dengan menggunakan Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A, akses internet di tempat saya tinggal memang lumayan cepat. Tentu saja tidak ‘selebay’ iklannya di televisi yang kecepatannya diibaratkan mobil balap F1. Meskipun demikian, saya lebih suka untuk tidak merekomendasikan produk ini ke anda bila anda bermaksud ingin membeli sebuah modem. Kenapa?

Kesannya saya ini jahat ya? Kok begitu teganya-teganya-teganya menyarankan orang lain untuk tidak membeli sebuah produk. Tentu saja saya terima bila anda memiliki pemikiran seperti itu. Apalagi bila anda memiliki kepentingan dengan produk tersebut atau merasa dirugikan dengan ulasan (review) ini karena anda pegawai dari Smartfren misalnya, saya bisa lebih maklum lagi. Namun mau gimana lagi, sebagai seorang konsumen yang merasa tidak sreg dengan sebuah produk yang dibeli, wajar kan jika saya komplain? Saya hanya sedang menggunakan hak sebagai konsumen kok. Saya yakin pihak Smartfren tidak suka dengan komplain terbuka semacam ini, karena keluhan terbuka dari konsumennya semacam ini bisa dikatakan sebagai tindakan kontraproduktif. Saya hanya berharap saja semoga tulisan ini bukan ditanggapi sebagai pendiskreditan merek (terlalu berlebihan ya?) tetapi sebagai masukan untuk semakin meningkatkan kualitas produknya. Bukan hanya sekedar murah tetapi juga dibarengi dengan keandalan produk. Buat apa bayar murah jika hasilnya tidak memuaskan. Bukannya akses internetnya yang jadi kencang tetapi justru pemakainya yang menjadi cepat, cepat stress maksudnya. Repot kan?

Promosi Smartfren yang efektif melalui potongan harganya yang lumayan, dari 299 ribu jadi 199 ribu, dan gratis akses internet selama sebulan memang cukup memikat calon pembeli termasuk saya. Karena pengalaman positif menggunakan modem keluaran dari perusahaan yang sama (modem Mobi – Mobile Broadband Internet), maka ketika Smartfren mengeluarkan produk baru saya tanpa berpikir panjang langsung membeli. Namun sayangnya, produk terbarunya ini tidak sebandel modem Mobi. Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A ternyata tidak tahan panas. Modem yang satu ini tidak suka dipakai lama-lama. Belum sampai satu jam pemakaian, modem sudah panas. Akibatnya? Langsung disconnect! Yang saya lakukan adalah mengistirahatkan modem tersebut sesaat agar mendingin. Setelah cukup dingin, colokin lagi dan di-connect. Kejadian yang sama berulang lagi, modem jadi panas kemudian akses internet langsung putus. Aaahhhh… masak harus putus nyambung seperti ini? Kan nggak nyaman coy!

Cara lain juga saya coba. Modem itu saya telanjangi! Apa ini maksudnya? Penutup modem yang melindungi kartu Smart saya buka agar ada sirkulasi udara. Cukup lumayan bisa memperpanjang waktu pemakaian tetapi akhirnya modem tetap menjadi panas dan disconnect. Putus nyambung lagiii… putus nyambung lagi. Apa perlu direndam dengan air es selama pemakaian atau dipasang blower di sebelahnya? Ini mah namanya menyelesaikan masalah dengan menambah masalah! Air es dan blowernya itu cocoknya buat yang memakai, bukan modemnya, agar kepala dan hatinya tidak cepat panas.

Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A memang smart, smart dalam urusan akses internet, tetapi tidak friendly. Bagaimana bisa dikatakan friendly bila kelakuannya yang suka putus nyambung akibat cepat panas itu membuat sewot pemakainya?

Sumber gambar: koleksi pribadi

250 COMMENTS

  1. Saya gak bsa masuk gan gmana? D conect in snyal nya mlah hlang smua gmana tuh.!!! Harus banting clokin lg bnting clokin lg.. Wkkwkk

  2. Yang o..w tahu .cdma hangat2 sperti sakit meriang .saran ow .buka baju modemnya.lalu
    Cari potongan pendingin (almunium) diletakan diatas yg panas.dijamin tok cer 24 jam mengacir.yg mengnyakitkan dari “smartfren”
    Janji meng upgret tak kunjung terlaksana sampai kini.janji tinggal janji

  3. saya pake 1 menit modemnya langsung panas,kirain laptop saya yg rusak,thx infonya ya agan2,sekarang saya lg online d depan laptop dan kipas angin gede menghadap modem,bentar lg paling masuk angin

  4. punya saya panasnya tergantung mood. dulu di kosan pertama gak gampang panas.. jarang disconnect.. mau youtube an.. mo download ngacir brow.. pas gua pindah ke kosan kedua (yang sekarang gua tempatin) jadi gampang panas.. lemotnya mulai berasa.. padahal jarak kosan lama ama baru cuma beberapa rumah aja loo.. dan ada 1 kejadian lagi.. pas gua nginep dirumah temen gue yang lumayan agak kampung deket gunung gtu sebenernya gua was2 ni modem gabisa connect/lemot dll.. tapi pas gua coba maen camfrog lancar2 aja tapiiiii jadi gampang bgt panas walaupun gak disconnect2.. kenapa ya itu? sekarang gua juga udah beli port USB tapi modemnya ga mau connect kalo saya colok ke port usb.. saya harus gimana ya? dan kalau saya pengen ganti modem;saya harus ganti apa nih? smart juga atau yg lain? trus pakai provider apa yang oke? tolong dibantu yaaa…

  5. modem saya smartfren ac682 UI,permasalahan saya terjadi baru2 ini dimana modem smartfren saya sring diskonek (lampu indikatornya mati) dan ini terjadi berulang ulang kali.Sebelumnya kalau modem saya panas tidak pernah ada masalah dengan modemnya seperti modem yang hidup mati.Pertanyaan saya,apa karena drivernya atau memang modemnya sendiri yang bermasalah? tlng dibantu mas.

  6. Sama persis modem yg saya pakai, dan memang cepet panas saya biarin saja – dan gak putus tuh. Sesekali ada disconnection, tapi tidak mengganggu. Yang mengganggu adalah saat isi ulang, utk perpanjangan masa berlaku kita hrs telp ke nomer yg puanjaaaang buanget… Kadang lupa memperpanjang, tahu2 sejam browsing pulsa sdh habis lagi. Semoga smartfren bisa merubah system dgn perpanjangan otomatis spt operator lain pada umumnya…

  7. Bro numpang tanya KEnapa tiap Gua coba Pake Usb Perpanjangan SI modem ini (Smartfren AC682) malah banyak eror dan Disconected..
    Tapi kalo Langsung Ke port USB YanG di CPU SELALU CONNECTED.. FOR INFORMATION Saya pake OS WINDOWS7 .. GMANA BRO KIRA KIRA TROUBLE SHOOTNYA ???

  8. wah bener banget mas, modem smartfren gampang panas. selain itu koneksina sering error. bahkan kadangkala buka google aja g bisa. terkadang cepet, terkadang lemot. dan itu terus terjadi. meskipun sinyal full.
    tapi buat blogger ndeso seperti saya ini yang saya nomor satukan saat menggunakan modem smartfren hanya unlimited, hehehe.. kalo mau pake gsm quota gk kuat kantongnya 😀
    Jadi apa boleh buat,, smartfren tetep pendamping saat brwosing sehari-hari 🙁

  9. coba unsintall modemnya, terus install ulang lgi. Kalau masih error no RUIM jg, coba keluarkan kartu RUIM anda dari modem, kemudian masukkan ulang kartu tersebut ke modem Anda. Semoga bermanfaat.

  10. di bongkar saja gan yang bagian sisi yang ada simbol smartfren, nah nanti terlihat ada plat casing penutup rangkaian icnya, nah bagian ini di kasih thermal pasta trus sudut sudutnya dikasih power glue baru ditempel dengan heatsink bekas prosesor, dijamin ga bakalan panas 24 jam non stop!

  11. Yang gratis internet tuh karena kartunya Smart atau harus pake modem n kartunya? Kalo cuma kartunya, bisa nggak kartu smart di modem diganti dengan kartu smart yang baru, biar dapet gratis internet lagi?

  12. Di Netbook Saya(AXiOO) di geber 4 hari gk masalah tuh,,,gk pake tmbhan apa2 gk di ruang ac juga,,,memang panas tpi slama ini ya tetap work(non stop 4 hari)..

    yang jdi pertanyaan,,,speed 260 kbps(idm) stabil ini normal gak yah,
    pdhal wilayah sya jau dri BTS.mala kalo subuh sempat tembus 330 kbps.saya pake card jaksel,dn homebase SiDOARJO,thanks

  13. untuk anda yg sering putus koneksi coba tes deh…. buka semua casing modemnya…trus cuci pakai sabun rinso…dicelupin juga boleh…. trus…dikeringkan atau dijemur… kemudian cuci lagi pakai tinner dan keringkan… selanjutnya untuk USB PC atau laptopnya tolong diliat apa karatan atau perlu service…udah selesai coba konekkan…modemnya.

    untuk pengetesan coba download file yang ukurannya gede minimal 700 MB. saya sendiri udah praktekkan hasilnya nggak pernah putus koneksi….

  14. pengaturan y gan seting,,klik tools, options, network, klik yang EVDO only jangan yang hybid..ane kaga dicopot2 full 24jam dipake download teruzz cuma anget doang..selamat mencoba…

  15. Wah ngomong2 soal dicemplungin ke air, kemarin sore saya bener2 marah sama modem smart rev Aini mas… saya beneran nymplungin modem saya ke air … rada marah dikit dan mikir biar cepet adem maksudnya … karena gak sabar abis dicemplungin ke gelas,,. mungkin karena masih basah saya langsung tancap lagi di usb… coba tebak apa yang terjadi… modem gak mau nyala alias konslet.. udah tak coba bersihin terjata modem tidak mau nyala alias koid… dengan sikap yang sedikit marah… saya langsung remes2 aja tu modem yang lagi telanjang menjadi beberapa keping… cuman kartunya aja yang ane selametin… soalnya baru awal bulan langanan true unlimited 100rb… sebel banget ma tu modem! gak tahan panas… kalo yang rev B 699rb tahan panas gak? mau nyoba soalnya?

  16. klu modem saya cma aq bliin kbl usb interface 5 m + kipas n pendingin CPU yg aq prpnjang 5 m jg trus aq bungkus dengan karet ban dalam motor konexsi bs 24 jm nonstop.
    hehehehe. . . .

  17. Wah kirain gue aja yang ngalami demikaian ternyata banyak rekan rekan mengalami begitu , tapi sekarang adalah bagaimana solosinya agar kita ini tidak dibikin kecewa .

  18. jangan colokin langsung tapi gunakan kabel usb interface… trus dengan bantuan itu akhirnya modem bisa di taruh di bawah cool pad dech… 😀

  19. kenapa modeum saya biarpun signalnya 4 bar tp slalu roaming dan lelet,apa yg harus saya lakukan spaya signalnya kembali seperti semula ( 1x rtt )
    dan cara settingan nya mesti gimana ?

  20. Wih.. agan2 MantapH Share’a…
    Saya jg mw numpang CurCoL ahh.,

    Saya sudah menggunakan modem AC682 hampir 7 bulan. Tidak pernah ada kendala sama sekali. Kalau untuk masalah sinyal, lola, ataupun jaringan2 lainnya mah sdh psti mslh biasa. Itu sdh jdi kelemahan dr sistem jaringan provider manapun.
    Tp, menginjak bulan ke-8, modem saya mulai tdk bs koneksi dgn keterangan “Device Lost—Device Removal during using may damage the device or computer”.

    Saya lgs hbngi CS tsb. Lalu disarankan pindah jaringan EVDO/Uninstall ulang aplikasi/dtg ke Galeri SmartFren..

    2 langkah awal sdh saya jalani,. tp msh te2p sj. akhir’a saya cb tny ke mbah google via modem GSM saia. Dan menemukn artikel spy OL’a dkt dgn kipas angin. Saya pun sdh cb hal itu, bahkn saia jg OL d ruangan AC. Tp, msh tetap sj.

    Dari hasil share di ats, saya dpt solusi lgi spy gunakn kabel USB utk colokkan modem. Saya memang belum mencoba..Semoga sj bisa dan saya tdk prlu dtg ke Galeri tsb…
    _Mhon doa’a & pencerahan’a kembali agan2_

    #thx! maav klo kpanjangan

  21. Anda telah berlangganan Unified Connex Premium Monthly (up to 384 Kbps).maksudnya apa ini?saya biasa berlangganan data unl30 terima kasih

  22. ntah gw yg gila ato Modem ny yg gila.AC 682 modem cpat panas,cpat ptus coneksi y emang Modem smpe2 colokan Modem ny Bengkok lgi.gw telanjangi,gw kipasi,gw panjangi toh msih Lebay !!!ato gw ksih minum es kelapa ni bru ga pnas hehehe,,beli produk malah buat repot ,,

  23. aku juga beli, awalnya aku pake kipas angin dan lancar2 aja tapi kemarin aku lupa aku tinggal pergi eh sekarang malah sinyalnya hilang sama sekali. Ga bs buat konek

  24. alah jelek abis pelayanannya d smart centernya, masa habis registrasi KTP ga d balikin coba.. terus pas balik lagi KTPnya ga ada katanya mungkin anda lupa atau terjatuh kali,padahal jelas banget belum d kasih lagi.. apeu bangetlahh tu smartren !!

  25. Untuk info aja, di tempatku smartfren lumayan muantaf.
    Modemnya emang panas kalo online tp ga pernah tuh (belum) mengalami diskonek gara2 kepanasan, walaupun tanpa pake kipas atau ruangan ber-AC.

  26. “jangan takut karena bersama kesulitan, pasti ada kemudahan. Itu janji Allah,”
    “Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.” #Thomas Alva Edison

  27. awalnya bagus ni modem, tapi sekarang saya udah pake sekitar 3 bulan mulai sering disconnect, mungkin garansinya cuma 3 bulanan pak, sekarang saya ga ada pilihan lain selain mengganti ni modem…… lapang dada karena saya akui harganya murah banget.

  28. hha,
    numpang share…
    alhamdulilah yah sesuatu,
    ane pnya modem smart rev a anti lemot (emang sih) dan memang panas juga sih, tapi ga nyampe disconnec ampuh internetan sampe 10jam??
    Yang ada bkan modem ane hang, tapi compi ane hang kepanasan xD

  29. samartfren troma gw bro…….. untuk conek j MKn waktu 5 kilo berjalan….. ya nmanya jga buatan mnusia..da lebih dn kurang ny…
    sesuai dah dngan hrganya yg ………….bnyak kuranggg gto jga dengan mutunya jga bnyak kurang……..pa lge di daerah aq di Aceh…… wduh ribet bukanya pge coneknya sore…ol nya mlam ………………………………..
    ok…… w tak bnyak coment klo mo puas cri yg sedikit mhal nmun kita tak skit hti dalam berinternetan……………

  30. Bagi kawan2 kawan yang ngalamin device lost, itu kemungkinan permasalahan di koneksi USB-ny, apa lagi bagi kawan2 yang menggunakan ekstensi USB
    klo temen2 ada yang susah konek itu kemungkinan permasalahan di softwarenya, coba cabut modem lalu colok lagi…kemungkinan disconnect itu karena jaringan ditempat anda sedang buruk
    Semua ini pengalaman pribadi, alhamdulillah dah pake hampir sebuan modem gak ada masalah, walau harus pake kipas pendingin laptop, tapi masih dalam batas toleransi, soalny modem ADSL aja panas

  31. Betullllzzzz…..barang kupret… dah ketahuan cepat panas …makanya dijual murah. Masa sih untuk sebuah modem 200ribuan, tapi harus pakai kipas angin kecil…Malah ribet nih…dan penutup card nya juga harus dibuka.

  32. gan mau tanya, ane mau beli yg evdo rev B(smartfren AC2791).
    tapi daerah ane belum kejangkau(hehe maklum agak pinggir daerah).
    yg ada di daerah ane evdo rev A, itu masih bisa kan gan dibuat internetan?
    masalah koneksi gimana gan? cepet kaga?

  33. tolongin gaaaaaaan…
    ane br 2 jam beli smrtfren CE682,,tp ga tau knp koneksinya lemot bgt,, max cm bisa 8,7 kbps, malah rata2 cm 5 kbps.
    boro2 mu maen poker buka fb-nya aja ampe ktiduran.
    padahal mode seting udah evdo, ping lumayan 3 bar..
    kira2 kurang apa lg ya gan???
    asli ane dah mumet neeh…

  34. Bener pa yg dikata Dante tp krn kamar gw ga pake AC, tuh modem gw panteng depan kipas angin lumayan kaga da putusnya. Di t4 gw sih lumayan jg kecepatannya….

  35. klo ane bukan masalah panasnya gan..
    ane beli tgl 3 nov, selama 3 hari kecepatan antara 20-60 kbps
    tapi pas tanggal 7 kecepatan GA PERNAH LEBIH DARI 5 kbps
    rata” malah cuma 0.7 kbps
    buka 1 web aja bisa ditinggal tidur..
    padahal niat beli buat main game online, tapi klo gini….

  36. yaahh harga menentukan kualitas..
    provider dan gadget mana yang berani kasih hrga 199rb bonus 1 bulan unlimited (bener2 unlimited ga pake syarat dan ketentuan berlaku)…

    wajar klo modem ini cepat panas, klo dibandingkan dgn mobi ato speedUp skalian.. harganya juga beda jaauuhh kan..

    Lakukan tips2 yg ditulis diatas cukup membantu kok..
    dan d bogor pun sinyal oke2 saja, malah lebih maknyos ketmbang Jakarta yg penggunanya jauh lebih bnyak..

    Salam blogor..

  37. Sejauh saya pake nih modem, Saya ngalamin “device lost” ato disconnect cuma kalo lagi di bogor aja nih.
    jadi buat yg di bogor.. not recomended deh..
    Tapi pas dipake di jakarta (jakarta pusat), nih modem di pake seminggu nyolok juga ga mati2.. juga ga panas modemnya, kalo di bogor di pake 15menit jg langsung panas..

    itu aja sih yg saya tau.
    semoga bisa jd pertimbangan..

  38. @vanvan: sudah diset ke EVDO? kalau belum masuk saja ke menu Settings yg gambarnya palu dan kunci inggris kemudian tinggal ikuti petunjuknya 😉

  39. mau tanya nih kali aja ada yang tau..
    kok kecepetan modem smart ane lambat banget yah??

    4-5kb/s edan menyiksa..
    ada yg punya tipsnya??

  40. @Irwan Juanda: modemnya AHA suka juga direkomendasikan, tapi saya sendiri tidak memakainya jadi tdk bisa kasih komentar apa-apa. 😉

  41. Terima kasih, reviewnya, saya belakangan sedang berpikir untuk beli produk Smartfren dan sedang cari informasi. Review ini lumayan bisa jadi satu pertimbangan lagi. Oh ya, kalo gitu selain mobi, ada rekomendasi modem yg murah & berkualitas ga? Thanks.

  42. @Anakpengentau: kalau mau beli, beli saja masgan. jika masalah datang, ada beberapa solusi seperti yg dituliskan di komentar-komentar yang ada di atas. 😉

  43. Mas gan2 smua tlong bantu saya donk saya sbnernya mau beli produk ini berhubung banyak mslh saya jdi pikir2 mau beli pa gk ya….
    Please….

  44. numpang komen,,

    klo modem modem ku malah dah error, sebab saya pakek untuk ngolah didata dgn mikrosd yang dimasukin di modem…

    jadi malas pake nya, connect nya aja lambat, klo sudah connct gag sampek sement disconnect lg.

    ada cara mengatasinya gak mas?

  45. smartfren ac682 untuk daerah semarang cukup cepat untuk browsing, tp sayang modem cepat panas, terpaksa sy dinginkan dengan menaruh plastik isi air ke atas bodi modem tsb, mau internet kok ribet jadinya..kl begini, satu lagi untuk daerah godong – grobogan sinyal evdonya tdk ada sama sekali

  46. Memang gan modem cepat panas. solusinya dapat dilihat di link ini .
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8066393
    semua masalh bakal terpecah kan .
    kalo gue sih karena belum ada waktu buatnya gue akalin tuh modem pake kabel usb . terus gantungin di jendela kamar . modem nya otomatis ke angin agin gan gue main game PING bagus , Donlot juga bisa di bilang stabil .
    semoga infonya membantu .

  47. sharian gua pake juga gapapa… emang pernah sih putus,,,tapi bukan disconnect…cuma di sinyal evdo-nya ganti searching gitu…n ga bisa connect internet…so harus dimatiin dulu…tapi ini jarang terjadi…download smalaman juga oke2 aja tuh…

  48. Smartfren ac682 gw jg sering Device Lost / disconnect, datang ke galeri smart jg ga menyelesaikan masalah… jd kepikiran bwt beli modem yg lain 🙁

  49. mau cepaat?? ya pasang wifi aja dirumah.. satu bulan 1 jt.

    note : dianjurkan bagi yg pnya gaji diatas 10jt perbulan..
    kerja apa ya gaji sgitu????

  50. Bro tuh modem ada slot bwt antena eksternal nya nggak kaya di modem ac 2726 klo ada w mo beli tuh modem penasaran ane pgn coba hihii..

  51. Wah bener bgt ne gan, smart ane juga seperti ini. bentar2 disconnect.
    ga nyaman bgt ane rasa, masa tiap kali mo buka web baru musti connect mulu…??

  52. baru 2 hari pake, repotnya dah kaya ngurusin si kecil kalo lagi demam… dikompres pake saputangan basah tiap pake..hi hi hi.. gpp deh yang penting murah…

  53. Ane baru sehari pake AC682, emang connectnya sih cepet, cuma waktu mau buka gmail susah bener, kira apanya ya, gimana caranya

  54. @masaru: kalau sudah begitu gimana coba? 🙁
    @andrians: mungkin diakalin kayak temen2 yg lain masgan 😉
    @Rizal: bisa jadi kebetulan produk yg jelek yang saya dapet 🙁

  55. wah…mungkin anda kebetulan dpt produk yg jelek pak.
    saya aja juga pake modem smartfren ac682 sampai sekarang ini gak ada masalah tuh…
    malahan ditempat saya sinyal cuman 2 bar dan memang panas bgt,soalnya dengan sinyal yg sedikit membuat modem bekerja 2 kali lebih berat pak.
    tapi saya punya ide,setiap modem dipake,bisa gunakan kipas untuk pendinginnya.
    alhasil selama saya pake modem smartfren ac682 lancar2 aja tuh,malahan modem tsb setiap hari hampir 24 jam saya pake ngenet trs

  56. iya nih modem nya peroduk gagal, sempat ane ke CS centernya, ane demoin di depan mereka, padahal itu di ruang AC, ane demokan download pake download manager, ga lama langsung putus karena kepanasa, katanya nanti diganti, soalnya stoknya lagi habis katanya, nanti dihubungi dalam waktu 10 hari, tapi sampai sekarang mana?? bilangnya jangan datang dulu sampai dihubungi,

  57. Saya punya samsung pinger smartfren yg katanya bisa buat modem tp diinstal malah error/ga bs jd modem,apa modem 682 ini gampang settingnya tuk windows 7 yg ga berhasil jadiin hp ke modem?mohon pencerahannya agan sekalian..

  58. Bener banget gan ?
    Barusan ajah aku juga beli tapi kopler juga modem nya?
    Ehh waktu saya mau garansi’in di ZTE nya malah dengan enteng dia bilang INDEN NYA BISA BERBULAN1 lho mas 😮
    Melongo deh saya ga bisa ngapa2in sama modem baru bejat ini :-s

  59. saya juga paek smartfreen connex,,,,overall selama saya pake gak pernah ada masalah tuh gan,,,,,malah sangat memuaskan,,,emang suhunya cepet panas,,tp mslh itu saya akalin pake fan bekas casing saya taruh di sampingnya,,,alhasil modem saya pake dari malem ampe pagi cuman anget doang ,n gak pernah disconect

  60. ryan gue kasih solusi nya, buang aj modem nya !beres. gue aja beli 2 minggu yg lalu engga bisa lagi konek,katanya garansi setahun.gue bawa ke tempat service zte ,ternyata garansi nya cuma 3 hari….. buset dachhhh sekarang modem 199 punya gue ,gue patahin trus gue buang ke sungai barito

  61. Saya pake modem ac682 lancar2 aja, pernah pake paket harian ga tau gmn, tuh speednya nyampe 2,4Mbps. padahal paket harian 5rb speednya kan cm 384kbps ya.. tapi setelah umurnya modem 1 bulan setengah, kaga bisa nyambung lg….
    ga stabil katanya.. mungkin ada yg tau solusinya?

  62. Memang rata2 untuk modem model stick tidak tahan panas baik itu modem untuk gsm maupun cdma. cobalah gunakan modem dengan model PCMCIA (lebih tahan panas lama berjam2)

  63. @Fransiskus: sebenarnya Mobi lebih bandel dibandingkan modem yg skg tp sayang sudah tidak diproduksi lagi. Saya sempat pula nanya dua macam modem yg harga 199rb dan 499rb (atau 599rb? saya lupa), kata pegawai Mobile 8, cuman beda produsennya saja. Kalau mau hemat, beli yg 199rb. :mrgreen:

  64. Wah saya jadi ragu nieh… rencana mau beli coz paling murah harganya..

    bung Admin, kira modem smart yang bagus untuk dibeli yang mana ya?
    banyak pilihan jadi bingung. Versi EC ada 2 tuh yang mana yang bagus? perasaan spesifikasinya sama, cuma harga berbeda…

  65. @jemmy: yg saya lakukan seperti yang disarankan… saya hanya menggunakan kabel usb.. barangkali itu bisa dicoba 😉 atau kalau punya heatsink bisa ditambahkan sekalian..

  66. Mas tolong modem w Flexi IVIO ..Dlu gara2 download eh tau2 nya jaringan putus..terus mulai dri situ putus nyambung ters..trpaksa gw copot n colok trus setiap 1mnt…Help gan solusinya!!!

  67. saya juga gitu gan,datang di pusat smarfren buat kompalin masalah produk ini tp pelayanannya tidak memuaskan….harus ini itu terus,malas jd nya…tp ak tetep pake smartfren sampe saat ini…di karenakan gratisan masih lama..hahahahhaasyuuu

  68. gan, smartfren koneksinya stabil kaga? pingnya dibawah 150 ms nggak? soalnya gue mau beli nih modem…. kira kira buat game online stabil bisa gak?
    Mohon Pencerahannya

  69. @odays: saya nggak sakit hati kok, hanya menggunakan hak saya sbg konsumen yg hanya beli satu unit, bukan satu truk. Dan justru kayaknya masgan odays ini yang sakit hati baca tulisan ini. Kenapa mas? 😉 Dan boleh kan kalau saya komplain? :mrgreen:
    @Elkazey: ok thx tipsnya 😉

  70. wah mas … ini thread nya seperti yang sakit hati berkepanjangan …emang mas ini sudah beli modem 1 truk dan ga bisa ke jual ya …pedas amat tulisannya hahah biasa aja kali …kaya tulisan yang lagi strezz mikirin kontrakan …. klu sudah tahu murah dan memang yang murah itu aga kurang bagus kenapa dibeli …makanya murah baranya juga kurang…kurang … klu mahal ga akan kurang kurang kali mas ..hahaha mas mas …aneh nich…

  71. @hammid: diakalin saja mas pakai kabel usb 😉
    @yan: lebih baik mencari cara agar modem tetep bisa dipakai 😉
    @iqbal17: kalau siap menghadapi masalah yg akan muncul, ya nggak papa kalau beli :mrgreen:

  72. Iaya nich, modem panas banget… putus… sambungin lagi. Saya baru beli kemarin, sebelum lihat situs ini… saya tadinya mau komplain. Terus dipikir ngapain juga kalau ada penyelesaian. ternyata banyak juga yang punya pengalaman sama…

  73. nih produck baru beli 1 hari baru DC 1 x ya itu juga gara2 downloadnya bejibun kali…
    dari jam 9 ampe sekarang baru 1x doank DC
    tapi kipas angin PAS di depan modem ^^
    tapi emang bagusan ac2726 modem smart dari pada ac 682 sayangnya udah rusak T_T..

  74. kalo dibilang panas sih iya gan..tappi ane nonstop dah seminggu nih tinggal donlot terus…yah dari malem sampe pagi dc baru sekali aj…ane setting pake colokan usb tambahan yang 5 mter taroh diluar kamar sih..konnectnya lancar2 aj sih…berntung lah dengan usb modem yang Mumer ini…:)

  75. kok aneh yah…
    ni modem saya baru beli kemaren malem,langsung di tes dari jam 12 malem ampe sekarang (kira2 jam 6 pagi) aman2 saja, gak pernah disconect.berhubung penasaran dengan permasalahan panas yang banyak jadi masalah ternyata pas saya pegang ternyata adem ayem. malah modem langsung nyolok ke belakang PC

  76. @pinokio: betul, saya juga punya mobi dan dia memang lebih bandel dibandingin adiknya ini 😉
    @Dedi: makasih info tambahannya masgan Dedi 😎
    @Sponge BOby: menarik juga tuh coolingpadnya 😉

  77. Emank Gitu nih modem… udah bawaan sejak lahir kali ya ? Tp meskipun cepet panas (kira2 10 menit-an) nih modem tetap fine2 aja tuh gan ? Ane jarang sekali mengalami disconect, padahal ane sebelumnya hanya mengandalkan collingpad laptop ane, jadi ane gak rugi beli tuh collingpad ternyata bisa dibuat dinginin laptop ane + modem “nakal” ini.. tapi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan ane akhirnya beli mini fan supaya gak ngalami kejadian seperti agan-agan diatas…..thanks banget ya agan-agan sekalian atas infonya.

  78. Sama… Modem saya juga puanassssss…

    Akhirnya saya harus berteriak juga seperti yang dilakukan penulis review ini. Modem ini terlalu cepat panas. Setelah lima belas hari pemakaian, saya tidak bisa terkoneksi lagi ke jaringan internet. Kemudian akhirnya saya harus ke customer service di samping ITC depok.

    Solusinya RUIM card diganti (RUIM card dinyatakan rusak) (apakah karena kepanasan?), dan modem nyala lagi, bisa connect lagi ke internet.

    Semoga pihak Smartfren bisa mempunyai langkah yang bagus dan bijak untuk mengatasi masalah modem panas ini.
    Untuk koneksi internetnya saya bisa bilang “walau tidak cepat, tetapi stabil”, sehingga tidak ada masalah.

    Sekian…

  79. saya rasa sih utuk masukan aja. sebenarnya saya gak perlu barang murah biar mahal tapi kualitasnya bagus. yang mahal aja belum tentu bagus apalagi yang murah…….

  80. @masbro wongkamfung , kucoba untuk bertahan 🙂
    @masbro array , beberapa menit kemudian ane yakin tuh air bakalan mendidih , wkwkwkwk

  81. iyes bro & sis…..
    semua yang baru pertama kali make dan belum tau efek samping modem ini pasti streess, panik & mumet…. baru make beberapa menit aja udah hot minta ampun.

    kalo versi ane, pake kabel usb tambahan + saran dari netter masih pake cara tradisional dengan di tindihin plastik es yang di isi air mineral (normal) airnya jng yg panas dan gak dingin.

    hasilnya koneksi tetep jalan + modem juga masih hangat adem ayem. ini juga berguna untuk adaptor laptop kalo panas pas dipake… taruh aja air yang di plastikin tadi diatas adaptor.

  82. @wawansinga: mudah2an ada yg bisa ngasih penjelasan masgan… saya sendiri nggak ahli untuk urusan yg itu 😉

  83. permisi gan , ane salah satu pngguna smartfren ac682 , ane mau curhat dkit:)

    ane punya router mr3420 , ane bermaksud menggabungkan kedua jenis modem ini , di berbagai situs udah di jelasin caranya, skarang ane masih pake bonus bundling modem yg platinum, yang jadi masalah ane skrang

    1. pas ane ganti setingan modemnya jadi evdo only kok ga bisa connect2 ya ?

    2. pas ane sambung ke router mr3420 ga connect juga 🙁 , identifying mulu.

    3. pas ane upgrade ke turbo speed yg 1mbps . masih aja sama kjadiannya sama kaya no #1 dan #2

  84. Lapor Gan, saya baru aja beli samrtfren conect di tanggal 22 juli 2011
    hasilnya

    saya meneruskan agan2 di atas nais inpo agan2

    1. speednya memuaskan, dengan paket download up to 325 itu selama 1 bulan, smpi detik ini download rata2 main di 60-80 kb di jam siang,sore malam lepas jam 12 speddnya naik smpi 100 kb
    2. bener kata agan gampang panas minta ampun, cek suhu ruangan normal tanpa AC bisa 44 derajat ( kartu Smart yang 1800mhz ), kalau kartu freen yang cuman 800 mhz cuman 40 derajat doank, tapi sudah saya tangani dan tes bisa tembus angka 25 jam nonstop durasi modem ane tanpa putus
    3. untuk mengatasi overheat bisa dilakukan dengan memberi heatsink di atas modem, tempelin aja diatasnya…klo kurang lagi bisa ditambahin 2 heatsink ( saya si ambil dari bekas cpu yang gabung sama fan ) yang heatsink tebel dan gede saya pake alas, yang heatsink kecil taruh diatasnya ( diapit 2 heatsink ) asli gan di suhu ruangan modem cuman anget2 agak dingin, klo di suhu AC wah tanpa anget gan..ademm kayak gak dicolok…

    semoga bisa membantu agan2 sekalian

  85. cerita kau sma persis yg sudah saya lakukan..
    malah saya coba simpan di dalam kulkas..

    wkwkwkwkkw..

    makasih ya all tips” nya….
    sangat – sangat membantu…

  86. pengalaman ane : malah tambah seru nih gan, ane udah coba di beberapa kompi and laptop punya lab sekolah (25 kompi, plus 5 laptop)…
    hasilnya:
    pada kompi dengan spesifikasi core2 duo atau dual core, tidak cepat panas meski ga pake kabel usb, dan dipake selama 5 jam adem ayem aja..
    sedangkan di kompi yg core i3/i5 atau pentium 4 3.0 GHz malah baru beberapa menit sudah panas dan lgsung disconnect.

  87. makasih mas atas infonya,,,
    trus aku juga nglamin hal serupa,,,
    kesel banget kaya orang ngedeng mo berak rasanya,,,,
    kirain laptop gua yang rusak USBnya,,,
    pas di pegang modemnya uiiih ne dia ne masalahnya ku fikir,,,,
    mana bau modemnya bau terbakar mas,,,
    hari pertama kedua sih fine2 aja,,, pas mo hari selanjutnya jadi kayak BBB putus nyambung,,,
    eh jadi curhat ne gua,,,
    y dah sekali lagi makasih ya mas dah ngebuatin postingan kayak gini buat info n numpahin keluhan gua yang dah kayak gunung mo meletus,,,,

  88. Hal ini disebabkan karena arus listrik yang tinggi dan mengakibatkan voltase modem tersebut panas ketika modem connet membutuhkan voltase yang tinggi. modem panas secara otomatis akan mati dengan sendiri. seperti halnya power suply. ketika kipas dalam power suply tersebut dimatikan atau rusak maka kejadiannya seperti modem yaitu akan mati dengan sendirinya. solusinya sangat mudah, taruh modem didepan kipas, dijamin seharian akan kuat dan tak akan mati-mati.

  89. ia gan.modem ya gampang panas.tp untk masalah sering disconet.mungkn karena singnal y agak sering putus2.coz dt4 ane lancar aja.ane udh pakai buat download file yg berukuran 400mb.td dlm waktu 5jam.

  90. WALAU cuma Smartfren AC682 USB Modem EVDO Rev.A, dites pakai full 24jam nonstop x 7 hari 7malem……adem2 wae. akses wuzzz wuzzzz
    SYARAT:
    adem@wae>>> pakek heatsink+mini fan
    akseswauzz>>>statistik antena EVDO wajib/harus full (tercover tower EVDO)
    dijamin luancar poll dech.

    tapi sayang? volumbaseku 250mb 1mggu 10rb cepat habis kalo dipakek donlod.
    kadung keenakan buat donlod pilem…hehehehe…

  91. @gapmod(gagap modem): yg paket hemat jg sudah kenceng sebenarnya. panasnya itu hlo yg kagak nahan 😉 waduh, untuk urusan unlock sy gak ngerti masgan.. coba yg di atas tuh.. banyak yg jago kayaknya :mrgreen:
    @undz: selamat, anda beruntung ;D bisa jd modem sy kelewatan dari inspeksi petugas QC 😆
    @mr.popo: masgan yg satu ini juga beruntung rupanya :mrgreen:
    @Cobra: mesti nyoba tip-tip yg sudah dishare sama temen2 di atas tuh 😉

  92. iya..ya…baru ge dicolok lah kok terus error not connection…coba dah di bagaimanakan harusnya, karena saya ga selalu ada di ruangan yang adem, boss….???!!! eh pas di pegang ntu modem panasnya minta ampun kaga karu-karuan ampe pada ngulet sim card-nya…

  93. saya pake modem ini gak ada masalah, semalaman download ditinggal tidur…
    kalo masalah panas kan wajar, dengan modal kipas angin kecil ,taruh disamping modem udah cukup, cuma anget dikit….
    kalo masalah cepet ngak nya koneksi kan tergantung paketnya, kalo langganan yang murah kok minta cepet, hehehehe.

  94. Masa sih Om..Kok punya saya oke-oke aja. Padahal saya pake hampir 20 jam perhari, tapi gak pernah ada masalah seperti itu. Gak ditambahin apa2 lagi kayak bung admin. Tiap hari saya pake buat download terus-terusan..Saya sepakat tuh sama bung admin..Mungkin punya si Om barangnya nggak ke QC..

  95. iyo bener2 payah.. klo pgn cpt ya langganan paket yg mahal bos. klo langganan paket yg murah ya lambat bgt mas… tiwas tuku, larang sisan.. wheleh2… perlu dilaporkan ke YLKI g??? hee… heee….

  96. @rohman: ya, sy juga pakai kabel usb skg tp yg plastik isi air nggak 😉
    @admin: pakai heatsink manjur juga kayaknya ya 😉
    @Lutfi: tip2 di atas bisa dicoba masgan 😉

  97. Wwkwkwk, ane pake ni modem ga ada mslah, donload berjam2 g nah diskonek…. Modif donk modemnya. Pake heatsink + fan, colok langsung di usb port. Kalo overheat kompres pakai tisu basah…

    Hasilnya lancar jaya, cuma anget2 gimana gitu.

    Sbnarnya smua kembali kepada usernya..

    Menurut ane modem seharga 199rb +free unlimited 1bln senilai 90rb (brarti hrga modemnya cm 109rb) Sangat2 worth utk dibeli.

    Kalo bosen jual lg jg bs, jual diatas 100rb jg msh bnyak yg mau nampung. hahahahhaha..

  98. @wkongkampfung : ada lagi gan, ane dapet dari temen..
    caranya masih sama pake kabel usb (gak langsung colok ke usb di kompi or lepi).
    terus siapin plastik es (kalo di tempat ane disebut plastik kiloan atau plastik perapatan – itu tuh yg buat jual POP ICE ) pokoknya plastik dah…
    Terus plastiknya diisi air biasa (ane ngambil dari kolam belakang)…
    iket jgn sampe bocor (supaya airnya gak tumpah)
    udah gitu taruhlah plastik berisi air tadi diatas modem usb.
    ane udah coba juga, dipake sampe 4 jam oke-oke aja..

    *payah juga nih provider, bikin susah orang aja*

  99. kalo feeling saya itu biasanya akibat pc yg kurang bagus. Saya udah pernah coba di dua pc yg satu intel celeron, satu lagi dual core. Alhasil yg dicolok ke celeron cepet panas sampe usb conector modem hp saya rusak. dicoba colok ke dualcore gak ada masalah panas, dingin terus bagai di kutub utara :p

  100. @rohman: meskipun terlihat aneh yg penting jalan 😉
    @&i: ternyata harga lebih mahal juga nggak ngaruh ya 😉

  101. hancur , hancur ….. usb modem EVDO Rev.A smartfreen Rp.499. kagak cocok ama iklannya ,…..dipakai langsung bikin mules perut , ….putus nyambung terus signalnya. kagak ada gunannya beli produc ini.

  102. pengalaman ane sama persis ama agan2 sekalian…
    semula ane pusing n malah mau balikin ke mba2 cantik penjualnya yang nawarin katanya OK (walaupun akhirnya gak bisa)..

    ane coba cara pake kabel usb (gak langsung ke colokan usb)
    terus ane coba basahin kanebo (itu tuh yg buat ngelap motor).. terus ane bungkus dah tu modem..
    alhamdulillah, terselesaikan (aneh juga si keliatannya modemnya jadinya)…

  103. Saya juga makai modem ini, belinya bundling dgn perdana Smartfren. Tingkat panas pd modem ini mmg diatas rata2 usb modem pada umumnya. Solusi yg saya terapkan adalah dgn bantuan kipas angin kecil dsampingnya, sehingga bisa online terus-menerus tanpa disconnect sendiri.

    Trik ini jg saya terapkan pd modem gsm saya Huawei UMG1831 dan Alcatel X200; so far so good.

  104. @meluruskan: yang namanya product defect sangat mungkin terjadi masgan, apalagi kalo bagian quality control nya memble. 😉
    @recehansitik: dr banyaknya komplain tentang modem yg cepat panas itu menunjukkan kelemahan produk, bukan produk cacat 😉 beberapa tip itu memang cukup membantu mengurangi panas meskipun tdk bisa menghilangkan 100%
    @muin: wah kalo itu mungkin masgan recehansitik lebih tahu :mrgreen:

  105. saya sebagai pereview di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9154281 juga menerima beragam komen tentang modem ini.. banyak yg puas, tapi ada juga yg kena trouble..
    alhamdulillah milik saya baik2 saja..
    tentang ada yg mengalami keluhan di modem ini, kiranya yg bisa dilakukan..
    1. kroscek.. yg masalah di modemnya atau laennya (pc, port, ekstender, jaringan, dll)
    2. kalo no.1 dah dilakukan dan positif tif tif si modem yg bemasalah, ya komplen.. kan ada garansi setahun..
    kita sebagai konsumen jangan ragu buat menuntut hak kita.. 🙂

  106. kayakx gk semuax modem itu bermaslh.. mungkin pas yang d bli aja yang bermasalah… modem yang sama yang ane bli gk ada masalah ane pake 5 jam lebh perhari gk apa, n bagusnya lagi kcptn downloadx 70 / 80 kbps pke IDM,,,,, ngacir….

  107. Pengalaman Saya Begini: Yang Namanya Barang/Produk sering kali saya jumpai berbeda2 kwalitasnya; walaopun itu sama merk dan typenya perciss!
    Prlu saya tegaskan lagi; merk sama; type sama; harga sama; kok bisa beda kwalitasnya? Munculah satu pertanyaan: kenapa bisa begitu? padahal kan sama 🙂 hehehe…. ok, mungkin Anda akan protes dengan pernyataan saya tentang sebuah produk.
    Jadi gini, dari pengalaman yg saya alami selama menggunakan Produk dan Menjual produk serta mereparasi sebuah produk, berulang kali saya temui kasus masalah perbedaan kwalitas; mutu; ketahanan serta kenyamanan sbuah produk tsb.
    Harap maklum “wong namanya bikinan manusia kok” kecuali bikin Allah SWT yang maha sempurna 🙂 pasti tu Barang sempurna hehehe Subhanalllah

  108. @bobby: ada tip dari teman2 yg ditulis dlm komntar. barangkali membantu mas 😉
    @ryota: makasih tipnya 😉
    @sai: makasih infonya mas 😉
    @okong: wah asik tuh mas nggak diskonek 😉
    @los cules: asal nggak ada air yg merembes ke dlm barangkali nggak masalah mas 😎 kalo kecepatan turun saya jg nggak tau mas
    @kris thea: ikuti tip yg ditulis temen2 di komentar ini mas, manjur kok 😉

  109. iya nih pak saya barusan beli ya maklum lah tertarik sama harganya yg murah eh ga tau nya begitu di coba malah sering disconect dan cepat panas…makanya saya nyari informasi tentang modem ini… ok pak saya setuju…saya jd nyesel nih bingung untuk antisipasi keadaan nya harus gmn gt?

  110. udah mke usb interface tp setelah 4 hari kok kecepatannya menurun drastis,, awalnya download 30kb/s,,sekarang kok 4,5kb/s..

  111. gw br beli ni modem sekitar 3 hr yg lalu,
    awalnya memng sdkt kaget, ni modem br dipake sbntar
    kok udah panas bnget, trs gw coba buat donlot semaleman,
    syukurlah gak trjadi hal2 sprti yg dikeluhkan agan2 sekalian,
    gw cm pk kabel perpanjangan USB, mg2 tetep awet modemnya,
    rencana sih mau beli blower jg biar agak dingin..

  112. klo mau kyk F1 tentu saja ga cukup klo beli AC682 pasalnya modem tersebut hanya support untuk EVDO REV A
    sedangkan iklan yg 9,3mbps tersebut dikhususkan untuk :
    – pelanggan pascabayar yg 275rb/bln
    – modem harus support EVDO REV B
    – di daerah tersebut harus tercover jaringan EVDO REV B
    ga sembarangan orang bs ngerasain F1

  113. Gue baru beberapa hari hari pake modem smart AC 682 awalnya memang disconect waktu dipakai beberapa menit (sorry gue gak sempat itung menitannya).Gue pegang modem itu panas waktu ditaruh di atas/samping PC (gue pake kabel perpanjangan USB),

    maka gue tempelin modem itu di casing belakang PC hadap-hadapan ama kipas 12 cm pake karet gelang (harap maklum gue bukan orang kaya,jadi harus kreatif).

    Setelah Itu modem ini gue pake semalaman lebih alhamdulilah tanpa ada masalah,bahkan modem itu gue pegang tidak begitu panas,skrg gue bisa ngenet berjam-jam (kecepatan 30-50kbs, stabil di )

    moga aja tip ini berguna

  114. Hmm, saya juga baru beli, tapi sepertinya tidak terlalu sesuai dengan iklannya. Saya ngk berharap sekencang yang iklan tv, cuma butuh modemnya bisa konek. Sampai saat ini saya selalu beli modem gampang setting, cuma dari provider yg ngakunya hebat ini saya nyerah.
    Buat marketingny, kalo buat iklan jangan terlalu lebay nanti kena kualat baru tau rasa.
    Dulu pikir sapidol yg parah, ternyata ada yg lebih lebay ternyata sampah keren.

    Note: yg salah saya sendiri, beli barang dari provider sampah keren yang sok lebay

  115. bewetul,,,, low pengen beli,,, mending yang lain aja dech,,,,,,, puanas banget…. sinyalnya juga pelit,,,, pulsanya mahal………lagy….

  116. @pakdhe Bas: wah makasih pakdhe tipsnya, no.1, 2, dan 4 (di ruang AC) sebelumnya sudah saya lakukan dan hasilnya memang lumayan memperpanjang umur tidak disconnect 😉

  117. Tks atas reportnya, Mas. Itu masukan yang berharga buat Smartfren untuk memperbaiki produknya, atau… jangan-jangan lantaran ini produk gagal maka dijual murah!
    Bagi yang sudah terlanjur membeli, saran berikut barangkali dapat membantu mengatasi temperatur modem yang amat tinggi.

    1. jangan colokan langsung modem anda ke colokan usb, melainkan gunakan kabel usb interface.
    2 buka penutup kartu agar sirulasi udara lebih baik.
    3. Saya bereksperimen dengan menempelkan selembar aluminium foil ke bagian belakang kartu (menempel langsung ke plat penahan kartu, namun jangan sampai menutup atau menyentuh panel chip). Ternyata hal ini cukup membantu mengurangi suhu panas modem. Namun di sisi penampilan jadi merusak tampilan modem yang cute.
    4. Gunakan modem di ruang ber-AC, atau kalau tidak, tempatkan di dalam wadah cething aluminium dan tempatkan fan kecil di bawahnya. Hal ini selain meredam panas, juga mampu menambah kekuatan signal modem.

    Selamat mencoba.

  118. @Dante: betul, memang harus di ruang berAC atau di luar ruang yang sirkulasi udaranya bagus, biar bisa tahan lama. :mrgreen:
    @kampret.akademi: makasih ingponya masgan 😉

  119. Absen saya juga ngalamin hal serupa… =(
    Solusi:
    1. Main di ruangan berAC atau/dan
    2. Penutup modem dibuka
    *Ketika saya pakai di ruangan Ber-AC modem ini bisa bertahan selama 10 jam untuk chating dan browsing tanpa putus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here