travel bloggingBelum ada setahun saya mengenalnya. Baru enam bulan. Kurang lebih. Bila di tulisan sebelumnya berjudul Salahkan Ezytravel.co.id saya menudingnya sebagai kambing hitam di balik langkanya tulisan baru di blog ini, mestinya di tulisan yang sedang Anda baca ini, Anda berharap akan menemukan jawabannya. Sebuah paparan yang menjelaskan mengapa saya menyalahkan Ezytravel.co.id. Baik, saya akan mencoba melakukan itu meskipun saya tidak berani memastikan harapan Anda bisa terwujud. Lebih baik saya tidak berjanji karena saya tak yakin bisa memenuhinya. Mendingan saya cari aman. Doakan saja saya bisa memenuhi yang Anda harapan itu.

Sebelum berbicara lebih jauh, sebaiknya saya kisahkan bagaimana saya bisa kenal dengan Ezytravel. Dengan demikian, Anda bisa menyimpulkan sendiri sebab akibat yang terjadi antara dia dan nasib blog ini. Awalnya saya sama sekali tidak tahu apa itu Ezytravel hingga pada suatu saat datanglah sebuah tawaran kerjasama darinya kepada Komunitas Blogger Bogor atau biasa disingkat Blogor untuk mengadakan sebuah acara. Kebetulan saat itu Blogor mempunyai unit kegiatan baru yang disebut @KelasBogor. Gayung bersambut, dibikinlah sebuah kelas yang juga merupakan kelas perdana bagi @KelasBogor. Konsep acara yang diadakan adalah berbagi pengalaman dan pengetahuan dari narasumber yang diundang dikaitkan dengan tema yang diusung saat itu. Kelas tersebut mengambil tema Travel Blogging dan dilaksanakan pada 10 Januari 2015 di rumah makan Pecel Bu Pardi. Sebagai bagian dari Blogor yang juga terlibat di unit kegiatan @KelasBogor, saya ikut sok sibuk di dalamnya. Bukan hanya itu. Tema yang menarik yang juga salah satu minat saya membuat saya begitu antusias untuk merealisasikan kelas tersebut dan juga mengikuti acaranya sampai tuntas.

Traveling yang di blog ini saya namai klinong-klinong dan merupakan salah satu kategori yang saya buat adalah satu dari banyak kegiatan kesukaan saya. Menulis di blog juga hobi saya. Ketika dua hal menyenangkan itu disatukan dalam sebuah acara yang diadakan @KelasBogor, tanpa berpikir dua kali saya pasti mendatangi acara itu. Sejak mengikuti kelas yang diadakan Blogor via @KelasBogor inilah saya kemudian jadi tahu siapa Ezytravel dan sepak terjangnya. Dari kegiatan yang diadakan itu, saya juga bisa membaca bahwa kelas Travel Blogging adalah pilot project dari rencana besar yang sedang diwujudkan oleh Ezytravel. Lewat obrolan yang sempat saya lakukan dengan pihak Ezytravel saat itu, acara yang diadakan bersama komunitas blogger yang ada di Bogor ini bisa dibilang merupakan proyek percontohan untuk dipamerkan ke komunitas-komunitas blogger di kota-kota lain. Apa targetnya? Sangat mudah untuk ditebak. Ezytravel berniat menggaet para ‘blogger internasional’ yang tersebar di kota-kota di negeri ini untuk jalan bareng. Ngomong-ngomong, saya lebih memilih menggunakan istilah ‘blogger internasional’ daripada sekadar memakai sebutan blogger nasional apalagi blogger lokal. Bila ingin tahu alasannya, silakan baca tulisan saya berjudul Tolak Blogger Nasional yang saya unggah di blog ini pada 28 November 2011.

Rencana Ezytravel makin benderang terlihat saat setelah acara usai, tamu undangan yang hadir yang adalah blogger semua kemudian ditawari untuk bekerjasama menjadi kontributornya. Tugas kontributor adalah mengisi blog hellobogor.com milik Ezytravel yang merupakan sebuah blog traveling yang mengangkat cerita wisata baik itu tentang kuliner, objek wisata, atau hal-hal yang terkait dan seputar wisata. Jelas sudah, ini skenario yang telah dipersiapkan dengan baik. Skenario Ezytravel.co.id makin nyata ketika mereka akan mengadakan sebuah acara pada Selasa, 30 Juni 2015 nanti di Jakarta. Yang akan berkumpul di acara itu pun para blogger dari berbagai kota yang merupakan kontributornya. Pasti ini ada apa-apanya. Dan, saya tutup dulu tulisan ini. 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here