ultah blogor keduaHarusnya senang atau susah saat hari ulang tahun? Mungkin pernyataan saya berikut ini terlalu sinis buat anda, maafkan saya bila begitu. Bagi saya, ulang tahun tidak ada artinya apa-apa. Hanya sekedar waktu kelahiran yang kembali lewat dalam perjalanan hidup. Saya tidak senang juga tidak susah di hari ulang tahun.

Perlu anda ketahui sikap saya ini bukan berarti ingin menyepelekan anda yang begitu bahagia dan gembira dengan ulang tahunnya. Saya hargai dan saya hormati antusiasme anda. Intinya, respon saya terhadap perayaan hari kelahiran dengan sikap anda mengenai ulang tahun tidak ada kaitan apa-apa. Bagi anda yang sedang berulang tahun, selamat berbahagia dan selamat bersenang-senang. Mungkin anda bisa lebih mengerti dengan yang saya maksud bila anda mau membaca tulisan saya terkait dengan ulang tahun yang berjudul Saat Ini Waktu Dulu.

Bisa jadi sikap tidak magito-gito atau biasa-biasa saja terhadap hari ulang tahun sendiri maupun orang lain ini yang menyebabkan saya jarang mengucapkan happy birthday dan yang sejenisnya. Kurang bagus memang untuk pertemanan atau sebuah hubungan. Namun demikian, saya tetap berusaha menyampaikan ucapan itu bila tidak lupa. Mudah-mudahan keramahtamahan dan ketulusan saya dalam pertemanan tidak hanya diukur dari sering tidaknya mengucapkan selamat ulang tahun. Kalaupun saya tidak mengucapkan selamat ulang tahun, bukan berarti saya tidak peduli. Bahkan yang mungkin terjadi, memang saya lupa dengan hari ulang tahun yang sedang berlangsung. Jangankan ulang tahun orang lain, hari jadi sendiri saja suka lupa. Siklus 15 Tahunan merupakan tulisan yang menceritakan kejadian saat saya melupakan hari ulang tahun.

Anda bisa lihat sekarang, ulang tahun manusia saja saya suka lupa apalagi yang ulang tahun bukan manusia. Maksudnya bukan manusia? Ya, ulang tahun berdirinya sebuah institusi atau organisasi. Saya harus berusaha keras mengingat-ingat atau paling tidak harus menuliskannya kemudian ditempel di tempat yang gampang dilihat. Jika itu yang saya lakukan, biasanya saya akan ingat kapan ulang tahun. Celakanya, saya suka lupa membuat catatan itu. 😉 Parah banget deh.

Hari ini, ada komunitas blogger yang lagi ulang tahun. Terus terang bukan karena saya ingat tetapi karena ada yang mengingatkan. Blogor yang merupakan wadah berkumpulnya warga Bogor yang suka ngeblog saat ini sedang ulang tahun kedua. Usia yang masih sangat muda untuk sebuah organisasi. Bila Blogor belum apa-apa atau kiprahnya masih bisa dihitung dengan jari, itu hal yang wajar. Seberapa banyak atau jauh sih yang bisa dilakukan sebuah komunitas yang masih berusia balita? Bukan mengecilkan prestasi yang sudah diraih Blogor selama ini, namun jika kontribusi yang selama ini diberikan untuk kota maupun kabupaten Bogor dianggap belum apa-apa, salah satu penyebabnya adalah anggota komunitasnya memiliki kesibukan masing-masing. Ini bukan sebuah apologi, tetapi anda bebas-bebas saja bila memiliki anggapan seperti itu.

Menyikapi ulang tahun Blogor yang kedua ini, bila saya ditanya senang atau susah, saya akan menjawab senang. Saya gembira bisa bergabung di Blogor, menjadi bagian dari orang-orang luar biasa, bertemu dan belajar dengan mereka. Ke depannya nanti, mudah-mudahan asas manfaat Blogor bisa dirasakan bukan hanya oleh anggota komunitas tetapi juga seluruh warga kota dan kabupaten Bogor khususnya dan warga dunia maya pada umumnya. Selamat ulang tahun Blogor.

Sumber gambar: di sini

13 COMMENTS

  1. Pak berkunjung ke blog saya ya..
    sebelumnya saya minta maaf udah nulis cerita tentang inspiring man. di blog saya. tanpa ijin terlebih dahulu ke Pak Adi.
    dari dulu saya ingin nulis tentang profil pak Adi. tapi blog yang saya punya dulu ada masalh dalam bahasa html nya jadi saya hapus…..
    dan sekaranglah saatnya saya nulis lagi..
    i especially write it… check it out please 🙂

  2. Met Ultah Blogor..!

    Sama dengan pak WKF, seumur hidup, saya (hampir) tidak pernah ingat, boro-boro merayakan ultah. Hanya sekali pas suit sepentin SMA 😉 itupun alesan biar bisa bareng cewek inceran, walau nraktir (bukan pesta) nya rame-rame di warung pempek dekat sekolahan (halah.. masa lalu yang gelap..)

    Sisanya biasanya diingetin. Diingetin oleh kado sebuah baju pagi hari oleh kakak perempuan tersayang, atau di SMS oleh adek-adek tercinta..

    Selamat Ultah Blogor!

  3. kalau istitusi mungkin ga punya perasaan, tp manusia punya hati. susah kalau semua orang prinsipnya “gw ya begini ..” kapan belajar menjadi lebih baik dong?
    btw, selamat ulang tahun buat komunitasnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here