Weblog atau lebih populer disebut blog memang bukan barang baru. Penggemarnya bukan lagi ribuan, tetapi sudah jutaan. Bukti bahwa pemilik blog yang sering disebut blogger begitu banyak dan terus bertambah terlihat dari bermunculannya komunitas-komunitas blogger di kota-kota di Indonesia. “Terus, blog itu apa? Dan apa urusannya dengan saya?” Bila itu yang kemudian muncul di benak anda, saya bisa pastikan anda masih asing dengan blog. Jika anda tidak ingin dianggap kuper, maka anda harus segera belajar membuat blog. Kalau anda tetap ‘ngeyel’ tidak mau, maka anda ini seperti yang dikatakan oleh Cinta Laura, “Jadul ach.”

Banyak kok manfaat yang diperoleh dengan memiliki blog. Tapi tunggu dulu, anda sudah paham belum dengan blog? Sebelum bicara tentang manfaat blog yang begitu banyak, saya harus memastikan anda ngerti dulu apa itu blog. Biar gambaran blog bisa utuh di kepala anda, lebih baik saya akan jelaskan dari yang paling mendasar dulu. Bukannya meremehkan pengetahuan anda, tetapi hal ini semata-mata ditujukan untuk mereka yang memang benar-benar baru dengan blog dan dunianya. Jika anda sudah kenal betul dengan blog, anggap saja anda sedang menyegarkan kembali ingatan anda.

Ada yang mengatakan blog itu online diary –buku harian online. Tidak salah. Blog memang seperti buku harian. Berbeda dengan website, blog lebih informal dan isinya beraneka ragam, dari yang serius sampai yang tidak jelas maksudnya. Bahasa yang digunakan menggunakan satu aturan yaitu tidak ada aturan. Anda yang memiliki buku harian pasti dapat merasakan betapa santainya tulisan yang dibuat di dalamnya. Apapun boleh dimasukkan, termasuk yang tidak masuk akal. Tidak ada yang melarang. Paling-paling blog anda akan di-terminate karena melanggar TOS (terms of service) bila anda menggunakan blog gratisan semacam blogspot atau wordpress. Yang membatasi jenis dan bentuk isi sebuah blog hanyalah moral dan hati nurani. Jika anda lebih suka mengisi blog anda dengan umpatan, fitnah, dan gambar-gambar tidak senonoh, pembaca anda bisa mengukur sampai setinggi mana moral yang anda miliki.

Yang menggembirakan bila ingin membuat blog adalah kita tidak perlu membayar untuk memiliki blog. Sudah gratis untuk bisa punya blog, jumlahnya juga tidak dibatasi. Berapapun anda membuat blog, semuanya gratis. Namun yang penting tentu bukan itu. Apa gunanya memiliki banyak blog bila tidak pernah diisi. Yang lebih utama adalah kita selalu mengupdatenya meskipun hanya memiliki satu blog misalnya. Dengan demikian, pengunjungnya juga akan senang karena selalu ketemu dengan tulisan baru.

Terus, di mana untuk bisa mendapatkan blog? Gampang. Ada banyak tempat yang menawarkan blog gratis. Situs paling populer yang memberikan blog gratis saat ini adalah wordpress.com. Anda tinggal masuk di http://wordpress.com, klik sign up now, selanjutnya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada. Bila ingin menggunakan bahasa kita, tinggal pilih Bahasa Indonesia, kemudian klik Daftar Sekarang! dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Sangat mudah dan jelas. Yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar hanyalah sebuah email. Email inipun bisa anda peroleh secara gratis. Hotmail, Google (Gmail), atau Yahoo menawarkan email gratis untuk anda. Email tersebut diperlukan oleh WordPress untuk berkomunikasi dengan anda termasuk menyampaikan informasi status blog anda saat pertama kali mendaftar. Sudah, itu saja? Ya, itu saja. Sekarang anda sudah memiliki blog. Hanya dalam hitungan menit blog itu telah siap mengabarkan kehadiran anda ke seluruh penduduk dunia.

Setelah anda memiliki blog, langkah berikutnya adalah yang paling penting, yaitu mengisi blog tersebut. Percuma saja memiliki blog bila jarang diupdate. Hanya sekedar memiliki blog kosong, berapapun banyaknya, tidak ada bedanya dengan orang yang sama sekali tidak mempunyai blog. Blog bukan hanya sekedar pajangan. Media itu sangat bermanfaat bila kita serius menggunakannya, termasuk untuk menghasilkan uang. Tertarik? Hayoook ngeblog kalau begitu. Mareee…

3 COMMENTS

  1. Blog dalam perspektifnya WKF sungguh mencerahkan kang… saya juga mengkondisikan Blog layaknya buku harian sebagai catatan perjalanan hidup, agar kelak bisa bermanfaat.

    Syukur2 kalo isi blog saya menginspirasi pembacanya…

    *Hadooh.. keduluan kang Achoey…. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here