Sempat terheran-heran juga ketika pagi ini buka Facebook, saya disambut dengan sebuah peringatan. Ada pengguna lain yang melaporkan bahwa konten yang saya unggah telah melanggar peraturan Facebook. Anda tahu apa yang dilaporkan oleh orang iseng ini? Sebuah foto rame-rame dari teman-teman muda saya. Tentu saja bukan foto seronok atau asusila yang melanggar kebijakan Facebook!

Coba anda perhatikan baik-baik screenshoot peringatan dari Facebook di bawah ini yang saya terima tadi pagi.

Inilah sebuah contoh tidak baik sekaligus sangat bagus. Saya katakan contoh tidak baik karena perbuatan yang jelas-jelas iseng ini patut disayangkan. Saya tidak tahu alasan dia melakukan pelaporan itu. Entah kenapa dia tidak suka dengan munculnya foto tersebut di jejaring pertemanan yang anggotanya jutaan itu. Barangkali karena menganggap saya musuh, mungkin juga tidak senang karena dirinya tidak terdapat dalam foto tersebut. Atau bisa saja karena alasan lain entah apa.

Perbuatan ini sekaligus bisa menjadi contoh yang sangat bagus bahwa sebaik apapun kita, pasti ada orang yang tidak suka. Saya bukan bermaksud menggembosi niat anda untuk berbuat baik dan menjadi orang baik. Haruslah kita tetap berusaha menjadi orang baik. Tidak harus jadi orang penting, jadi orang baik sudah cukup. Hanya saja, jangan pernah berharap semua orang akan menyukai kita. Istilahnya, nabi saja punya musuh.

Siapapun yang melakukan perbuatan ini, mudah-mudahan bukan karena disengaja. Semoga saja dia melakukan karena tidak tahu arti kata ‘Report This Photo’. Tapi mungkinkah tidak sengaja? Sebab setelah ngeklik ‘Report This Photo’, dia harus melanjutkan  langkah berikutnya sebagaimana terlihat dalam screenshoot di bawah ini.

Saya hanya berharap mudah-mudahan pelakunya bukan seorang musuh dalam selimut, di depan senyum-senyum begitu ramahnya, di belakang dengan sadisnya dia menikam.

Sumber gambar: Facebook.com

7 COMMENTS

  1. Positive thinking aja Pak,,,kalo emang karena marah enggak kefoto, yaa kudu tau dirilah kelas apa dulu,,,wong lengkap semua kok…atau emang enggak mudeng,,,meng asal klik ae,,,Well, we can still take a lesson from this event… ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here