multiperanOleh-oleh dari mengikuti kelas berbagi yang diadakan Akber Bogor kemarin cukup menarik. Kelas bertajuk Role Awareness yang membabar fungsi peran diri membuka kesadaran bahwa menyadari peran-peran dalam kehidupan mampu memberikan kontribusi optimal. Dari kelas yang diisi oleh seorang teman yang psikolog itu, saya baru tahu ternyata setiap orang bisa memiliki peran minimal 20 dalam sehari. Wow!

Jelas merupakan suatu kejutan bahwa saya bisa dan biasa memainkan peran paling tidak sebanyak 20 dalam satu hari. Ketika diminta untuk membuat daftar peran yang pernah saya lakoni dalam sehari, bahkan saya bisa menyusun sebuah daftar yang berisi 30 peran. Mata saya terbelalak sendiri membaca daftar yang telah saya selesaikan itu. Seperti tersebut di bawah inilah 30 peran yang sempat saya tulis kemarin.

1. Suami
2. Ayah
3. Anak
4. Kakak
5. Adik
6. Teman
7. Sahabat
8. Pembeli
9. Guru
10. Murid
11. Tetangga
12. Pembaca
13. Penulis
14. Blogger
15. Penonton televisi
16. Penonton bioskop
17. Pendengar radio
18. Pengguna media sosial
19. Penikmat masakan
20. Penyelenggara kegiatan komunitas
21. Peserta acara
22. Pelobi
23. Penghubung
24. Penikmat kopi
25. Pembicara
26. Pendengar
27. Motivator
28. Wisatawan kuliner
29. Pemandu wisata
30. Pecatur

Bila dilihat satu per satu, ada peran yang tampak sepele dan tak bermanfaat. Nyatanya, memang itulah yang saya lakukan yang bisa jadi sebagian kecil atau besar sama dengan peran yang Anda mainkan. Apapun peran yang sedang dilakoni, sebaiknya kita menjalankannya secara sadar agar peran tersebut bisa berjalan dengan baik. Ada kalanya, beberapa peran bahkan dijalani sekaligus di satu waktu dan di tempat yang sama.

Menyadari peran dan menjalaninya dengan sepenuh-penuh kesadaran jelas krusial untuk dapat mengarungi hidup secara optimal. Dengan demikian, saat dua peran, misalnya, harus dijalani, kita bisa melakukannya dengan baik. Meskipun tidak sama persis, tokoh pewayangan bernama Rahwana atau Prabhu Dasamuka yang memiliki 10 wajah dan bertangan 20 yang adalah Raja Alengka barangkali bisa menjadi simbol multiperan yang dimiliki manusia.

Peran apa pun yang kita sedang jalani hari ini merupakan peran penting. Jadi, jalani sebaik-baiknya. Syukur-syukur peran-peran kita itu bisa mendatangkan manfaat bagi mayapada ini dan seluruh kehidupan di dalamnya.

Sumber gambar: di sini

1 COMMENT

  1. bila dalam sehari ada minimal 20 peran yang kita jalani, bisa lebih dari itu ya ternyata?
    kalau misal disamakan dengan Dasamuka, berarti manusia justru 2 kali lipatnya Dasamuka 😀 bahkan bisa lebih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here