Menuju Rangkasbitung dari Bogor

4708
menuju rangkasbitung dari bogor

menuju rangkasbitung dari bogorBila Anda bermaksud berwisata ke Rangkasbitung dari Bogor, tulisan ini pas untuk dibaca. Yang menyenangkan, Rangkasbitung bisa dijangkau cukup menggunakan kereta rel listrik Commuter Line (CL) pulang-pergi. Cepat, murah, bebas macet.

Semenjak CL jurusan Rangkasbitung dioperasikan pada 1 April 2017 sebagai pengganti kereta lokal relasi Rangkasbitung-Angke PP, perjalanan menjadi lebih nyaman. Jarak Bogor-Rangkasbitung yang 123,62 km bisa ditempuh kurang lebih tiga jam. Ongkosnya pun cukup murah, hanya Rp 13.000. Bolak-balik berarti Rp 26.000. Karena CL menuju Rangkasbitung berangkat dari Stasiun Tanah Abang, dari Bogor kita harus naik CL jurusan Tanah Abang kemudian transit di stasiun itu untuk naik CL tujuan Rangkasbitung. Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Rangkasbitung berjarak 72,7 km dengan lama tempuh dua jam. Tersedia 16 kali jadwal pemberangkatan pulang pergi. Berangkat dari Stasiun Tanah Abang 16 kali, dari Stasiun Rangkasbitung 16 kali. Cukup longgar waktu bagi kita untuk berwisata ke Rangkasbitung lalu balik ke Bogor tanpa harus menginap. Itulah sebabnya kami berencana jalan-jalan di Rangkasbitung dan langsung balik ke Bogor pada siang atau sore harinya di hari itu juga.

Perjalanan diawali pagi ini dari Stasiun Bogor. Butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari rumah ke stasiun menggunakan angkutan kota (angkot), atau 20 menit naik motor. Itu kalau jalan raya lancar. Dari rumah berangkat pukul 6.30 WIB dan dibelai gerimis sepanjang jalan.

Sego Bebek Suroboyo Dulu

Kami mampir dulu untuk sarapan Sego Bebek Suroboyo yang penjajanya ada di area parkir ruko sebelah kiri toko roti Bogor Permai. Menu ini perlu saya sampaikan karena nasi bebek ini satu-satunya yang berbeda pengolahannya dan paling enak di Bogor yang pernah saya temui. Saya sudah mencoba segala masakan berbahan baku bebek yang saya jumpai di segala sudut Bogor, baik yang waralaba atau mandiri. Hanya nasi bebek ini yang bebeknya diolah seperti kari berwarna coklat kehijauan, bukan digoreng seperti di pedagang-pedagang lain. Saya sangat menyarankan nasi bebek ini bila Anda mencari sarapan. Ya, pedagang nasi bebek ini hanya menjual untuk sarapan. Datanglah sebelum pukul 10 pagi. Satu porsi dihargai Rp 25.000. Cukup mahal tapi sepadan dengan kelezatannya.

sego bebek suroboyo
Foto: @utamiutar

Rangkasbitung dari Bogor

CL jurusan Tanah Abang yang kami naiki berangkat pukul 7.35 WIB. CL ini tujuan akhirnya sebenarnya Stasiun Angke. Karena CL ini juga lewat Stasiun Tanah Abang, tak ada masalah bagi kami untuk menaikinya. Sebab hari ini Sabtu, masih banyak tempat duduk yang kosong sehingga kami bisa memilih. Saya akan tuliskan untuk Anda semua stasiun yang dilewati CL dalam perjalanan kami menuju Rangkasbitung, baik yang rute Bogor-Tanah Abang maupun Tanah Abang-Rangkasbitung. Selain nama stasiun, saya tuliskan juga waktu kedatangan dan keberangkatannya. Dengan demikian, Anda bisa perkirakan waktu yang Anda butuhkan secara rinci bila ingin mencoba perjalanan ini.

Perjalanan CL Bogor-Tanah Abang:

19. ‎Sudirman 9.05-9.06
20. ‎Karet 9.07-9.08
21. ‎Tanah Abang 9.13

Rata-rata waktu berhenti di setiap stasiun dari CL Bogor-Tanah Abang cuma selama satu menit. Bahkan di beberapa stasiun CL berhenti kurang dari satu menit seperti di Pondok Cina dan Universitas Indonesia karena sedikit penumpang yang naik atau turun. Dengan mencatat waktu kedatangan dan keberangkatan, saya baru ngeh ternyata ada stasiun-stasiun yang ditempuh hanya dalam waktu satu menit dari stasiun sebelumnya. Hebat! Inilah salah satu keunggulan moda transportasi kereta. Perjalanan ke Rangkasbitung dari Bogor jadi cepat.

Sampai di Stasiun Tanah Abang pukul 9.13 WIB. Kami langsung menuju peron 5 dan 6. Tak perlu keluar stasiun dulu. Tak perlu beli tiket karena kami menggunakan kartu e-money. Kartu e-money bisa juga sebagai alat bayar, selain kartu yang dikeluarkan PT KAI sendiri yaitu THB (Tiket Harian Berjaminan) dan KTM (Karu Multi Trip). Di peron 5 sudah tersedia CL tujuan Serpong. Bukan CL itu kereta kami meskipun bisa saja kami tetap naik lalu turun di Stasiun Serpong dan menunggu CL tujuan akhir Rangkasbitung yaitu CL yang akan kami naiki nanti. Beberapa menit kemudian CL jurusan Rangkasbitung masuk di peron 6. Entah mungkin karena Sabtu, penumpang tak begitu ramai dan kami masih bisa dapat tempat duduk. Ini menyenangkan. Rangkasbitung dari Bogor jadi perjalanan yang asyik.

Perjalanan CL Tanah Abang-Rangkasbitung:

17. ‎Maja 11.03-11.06
18. ‎Citeras 11.16-11.17
19. ‎Rangkas Bitung 11.30

Perjalanan Tanah Abang-Rangkasbitung melewati persawahan dan perbukitan hijau yang menyejukkan mata terutama setelah Stasiun Serpong. Beberapa stasiun masih melakukan pembenahan misalnya menambah panjang peron agar penumpang yang turun bisa kebagian peron. Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah adanya gap yang cukup lebar antara gerbong dengan peron di beberapa stasiun. Kaki penumpang bisa kejeblos bila tidak waspada. Celah ini muncul barangkali karena kereta lama yang sekarang digantikan oleh CL badannya lebih lebar.

rangkasbitung dari bogor
Celah lebar antara peron dan gerbong CL yang bisa membahayakan penumpang.

Perjalanan ke Rangkasbitung dari Bogor usai sudah. Di Rangkasbitung, ada beberapa lokasi yang akan kami datangi. Namun agar tulisan ini tak terlalu panjang, saya hentikan dulu sampai di sini. Apa saja yang kami lakukan di Rangkasbitung, silakan baca tulisan berjudul Wisata di Rangkasbitung Dalam Sehari.