menguangkan blogSore ini saya kembali memperdengarkan suara ’sember’ saya. Sebagai host untuk sebuah acara bernama Saung Nyerat, saya terlibat perbincangan asyik dengan seorang praktisi monetizing blog. Dengan ditemani rekan blogger yang memiliki nama online Phenyukerooo sebagai co-host, berbagai pertanyaan diajukan ke narasumber yang bernama Dian Ardiansyah si pemilik situs cpnsindonesia.com. Topik yang diusung dalam Saung Nyerat yang merupakan acara rutin di Radio Sipatahunan 89.4 FM setiap Sabtu sore jam 16.00 s/d 17.00 WIB kali ini adalah Menguangkan Blog.

Menarik memang saat membicarakan monetizing blog. Iming-iming yang ditawarkan dari blog yang berhasil dimonetisasi sangat menggiurkan. Bagi mereka yang telah berhasil ’memberdayakan’ blognya, penghasilan yang diterima bahkan bisa lebih besar dari gaji karyawan apapun dengan level apapun termasuk presiden negeri ini sekalipun. Ini bukan omong kosong belaka. Benar-benar sebuah kenyataan yang memang bisa menjadi sesuatu yang tidak masuk akal bila tidak melihat sendiri. Sampai-sampai, karena begitu penasaran ingin mengetahui lebih jauh, saya pernah bela-belain pergi ke Yogyakarta untuk belajar yang satu ini.

Saya begitu terpukau dengan teman-teman di Yogya yang tergabung dalam komunitas Gelatik Selam. Tema obrolan yang waktu itu dinamakan Nganggur Itu Anugerah bukan sekedar omong kosong. Mereka memang nganggur dalam artian tidak terikat kerja dengan instansi manapun, tetapi penghasilan yang mereka terima dari blog jauh lebih besar dari gaji yang diberikan oleh instansi manapun. Saking kagumnya saya dengan komunitas yang membagakan dirinya sebagai pengangguran itu, saya sempat menuangkannya dalam beberapa tulisan seperti Nganggur Is An Art, Impossible People, Fakir Bandwidth, 3 Bujang ke Keraton, Bertemu Christina Aguilera,dan Sapi Perah dari Kaliurang.

Apakah sekarang saya sudah seperti anggota Gelatik Selam? Jawabannya, belum. Saya berharap suatu saat bisa seperti mereka. Ketika hari terakhir acara sebelum saya kembali ke Bogor, saya mengutarakan nadzar saya untuk mentraktir mereka bila dalam setahun ini saya bisa mencapai 1K (USD1000) per bulannya. Doakan saja nadzar saya itu bisa terlaksana dan saya dengan senang hati akan mentraktir anda juga. Saat ini saya sedang berharap bisa menemukan komunitas seperti yang ada di Yogya itu di kota hujan ini. Dengan demikian, saya memiliki wadah yang dekat lokasinya untuk ngumpul dan ngobrol-ngobrol seputar monitizing blog. Oleh karena itu pula, slogan yang muncul nantinya bukan sekedar Blog for Fun tetapi ada tambahan huruf ’d’ di belakang kata Fun.

Ketika sore ini saya kembali menjadi host dan memperbincangkan monetizing blog, kenangan saya dengan para sahabat di Kaliurang Yogyakarta muncul lagi. Selalu ada keinginan untuk kembali menemui mereka, orang-orang baik yang saling menolong. Dan saya yakin, suatu saat pasti akan terlaksana keinginan saya itu. Keramahan mereka telah memaksa saya meninggalkan sebagian hati saya di sana.

Mungkinkah menguangkan blog? Sangat mungkin! Hanya saja, perlu fokus dan ketekunan agar blog itu bisa bekerja untuk pemiliknya. Barangkali tulisan yang dulu pernah saya buat yang berjudul Pelatihan Monetizing Blog & SEO ini bisa menjadi titik awal menjadikan blog anda mesin uang. Bukan pekerjaan instan memang, perlu proses, tapi yakinlah semua itu pasti akan membuahkan hasil.

Sumber gambar: di sini

9 COMMENTS

  1. Bagus sekali tulisannya, enak di baca, menambah wawasan serta memacu semangat belajar, saya pernah hadir di seminar anda yg di selenggarakan di gramedia eka loka sari, dan saya ingin sekali ikut belajar dengan anda, apakah ada forumnya, dan apakan saya bisa join, terimakasih,salam sejahtera dan sukses selalu!

  2. Bagus sekali tulisannya, enak di baca, menambah wawasan serta memacu semangat belajar, saya pernah hadir di seminar anda yg di selenggarakan di gramedia eka loka sari, dan saya ingin sekali ikut belajar dengan anda, apakah ada forumnya, dan apakan saya bisa join, terimakasih, sukses selalu!

  3. ada keinginan mempelajari tentang meng-uangkan blog. tapi sekarang lagi gak ada guru yang mengajarkan langsung. juga ingin mempelajari SEO… kalo belajar secara otodidak lewat mbah google, suka pusing juga…. dulu sempat mempelajari adsense tapi vacuum. karena nggak ngerti, dan juga belum punya no rekening, untuk menyimpan benefit yang didapat… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here