Mengapa Saya Bikin Kanal Youtube?

0
18
Mengapa saya bikin kanal youtube
Jalan WKF

Terkait dengan pertanyaan mengapa saya bikin kanal Youtube yang saya namai Jalan WKF, berikut adalah jawabannya.

1. Mengapa bikin kanal Youtube?

Sebenarnya bukan baru sekarang bikinnya. Saya punya kanal di Youtube sudah lama sebelum Jalan WKF ini saya buat. Video pertama saya unggah 30 Mei 2008 di kanal itu. Video itu tentang pendakian gunung Gede dan gunung Pangrangoyang saya lakukan pada 17-19 Mei 2008. Video tersebut bisa dilihat di sini. Setelah itu, 27 video lain saya tambahkan. Video macam-macam. Baru sekaranglah, tepatnya bulan lalu, saya bikin kanal dengan konten yang tematik dan saya kelola dengan teratur. Kanal itu saya beri nama Jalan WKF. Apa yang mendorong saya membuat Jalan WKF dan mengelolanya secara teratur adalah lebih dikarenakan ingat permintaan teman-teman yang mengharapkan saya membuat vlog selama tinggal di Korea. Mengapa tidak? Toh bukan pekerjaan yang sulit untuk saya lakukan.

2. Apa isi Jalan WKF?

Sebagaimana tagline yang saya usung saat ini yaitu “Tetek Bengek di Korea”, kanal ini isinya segala hal atau tetek bengek yang saya temui dan alami selama berada di Korea. Baik yang tidak penting maupun yang tidak bermanfaat. 😀

Mengapa saya bikin kanal youtube

3. Mengapa dinamakan Jalan WKF?

Sebagaimana nama blog saya yaitu wongkamfung.com, WKF tidak lain adalah singkatan dari Wong Kam Fung. Sedangkan “Jalan” bisa bermakna denotatif yaitu cerita tentang keluyuran saya di Korea. Jalan dalam nama kanal yang saya buat ini bisa juga bermakna konotatif, bukan jalan-jalan secara fisik tetapi jalan kehidupan yang saya pilih dan lalui selama ini. Lebih spesifik lagi jalan kehidupan saya selama di Korea.

4. Jadwal video yang akan diunggah di Jalan WKF?

Rencananya video baru akan saya unggah seminggu sekali. Bisa jadi dalam seminggu ada lebih dari satu video jika ada hal-hal khusus yang saya anggap penting untuk ditaruh di Jalan WKF tanpa perlu menunggu jadwal penayangan mingguan.

5. Tujuan bikin vlog?

Tujuan utama vlog ini dibuat adalah untuk berbagi kisah. Selain itu, Jalan WKF juga sebagai wadah segala cerita yang saya temui dan alami dalam bentuk video. Masalah penting tidaknya, bermanfaat atau tidak, informatifkah bagi yang menonton, saya berharap semoga bisa ‘ya’.

Mengapa saya bikin kanal youtube

6. Lain-lain

Vlog Jalan WKF tentunya masih jauh dari sempurna. Berbicara di depan kamera ternyata membuat saya mati gaya meski tidak ada siapa pun di sekeliling saya. Hasilnya, video yang saya buat kualitasnya… yaaaa… begitulah. Untungnya banyak orang yang baik hati menanggapi video yang saya unggah. Saran dan kritik banyak saya terima atas video ala kadarnya itu. Untuk itu, tentu saja saya harus berterima kasih. Masukan itu pasti akan menjadikan video-video saya berikutnya semakin membaik.

Segala hal memang harus diawali. Dan langkah pertama merupakan hal sulit. Namun hal itu harus dilakukan jika ingin menggelinding. Tak akan ada orang berjalan atau berlari bila tidak memulainya dengan langkah pertama. Begitu juga dengan vlog Jalan WKF. Walaupun membuat video dan mengunggahnya di Youtube, sebagaimana saya sebut di atas, bukan hal baru, vlog Jalan WKF tentu saja berbeda. Vlog merupakan barang baru buat saya. Baru dalam artian membuatnya. Baru dalam artian saya berbicara sambil menghadap kamera. Bukan hanya sekadar rekaman aktivitas tetapi saya juga tampil layaknya reporter televisi.

Yang menggelikan adalah saat melihat tampang dan mendengarkan suara sendiri di video. Ternyata begitu toh. 😀

Bila Anda berkenan, silakan mampir di Jalan WKF. Terima kasih. 🙂