lontong cap go meh di bogor
Foto: capgomehbogor.com

Menikmati lontong Cap Go Meh di Bogor tak bisa sembarangan. Maksudnya, tak banyak pilihan buat kita saat ingin menikmatinya. Kalau tidak tahu di mana lokasi penjualnya, Anda bakal berputar-putar dahulu, tanya sana sini, sebelum sampai di tujuan. Lewat tulisan ini, saya akan tunjukkan arah yang benar menuju sepiring lontong Cap Go Meh di Bogor.

Hari ini, Jumat 2 Maret 2018, Bogor sedang macet khususnya di Jln. Surya Kencana, dan berimbas ke mana-mana. Bukan macet karena menjelang akhir pekan sebagaimana biasa tapi karena ada acara tahunan Pesta Rakyat Cap Go Meh 2018, atau sekarang dinamakan Bogor Street Fest CGM ’18 dengan tema Ajang Budaya Pemersatu Bangsa.

Cap Go Meh artinya malam kelimabelas. Cap Go Meh sebagai penanda hari ke-15 atau berakhirnya perayaan tahun baru Imlek. Lontong Cap Go Meh biasa disajikan pas acara ini. Lontong Cap Go Meh melambangkan akulturasi antara budaya Cina dengan budaya lokal. Sajian komplit dari lontong Cap Go Meh berisi lontong, daging bumbu abing (masakan dari JawaTengah berupa daging sapi yang diolah pakai serundeng dan bumbu-bumbu lain), telur pindang/telur rebus, opor ayam, lodeh labu/terong, sambal goreng hati, kedelai bubuk, serundeng, dan sambal.

Sajian khas tahun baru Imlek ini bukan sekadar pemuas perut lapar tetapi memiliki makna tersirat. Lontong sebagai lambang terang bulan dan panjang umur karena bentuknya yang panjang, telur merupakan lambang keberuntungan, santan berwarna kuning keemasan melambangkan emas dan kemujuran, lauknya yang beragam merupakan pengejawantahan makanan lokal yang sudah lebur menjadi sajian Cina peranakan.

Lontong Cap Go Meh di Bogor tentunya akan mudah dicari pas ada festival Cap Go Meh seperti hari ini. Gratis, lagi! Tahun kemarin saja Vihara Dhanagun yang menjadi titik pusat perayaan menyediakan 15.000 porsi lontong Cap Go Meh gratis. Siapa saja yang berminat tinggal datang ke vihara yang ada di seberang pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor tersebut. Seporsi lontong Cap Go Meh yang disediakan pihak Vihara Dhanagun ini biasanya berisi lontong, sayur labu siam, telur, tahu opor, dan mie goreng. Tidak ada unsur daging apa pun sehingga cocok buat vegetarian dan bisa dinikmati warga muslim yang tertarik mencicipi. Lontong Cap Go Meh di Bogor dari Vihara Dhanagun ini tersedia di ruang belakang vihara. Pengunjung yang berminat bisa langsung menuju ruangan itu.

Penjual Lontong Cap Go Meh di Bogor

Begitu Bogor Street Fest CGM ’18 usai, lontong Cap Go Meh di Bogor tentu saja tak akan kita jumpai di Vihara Dhanagun. Kalau mau, tunggu saja sampai tahun depan.

Untungnya ada penjual lontong Cap Go Meh di Bogor meskipun tidak sedang merayakan tahun baru Imlek. Jadi kita tak perlu menunggu tahun depan tiba. Hebatnya lagi, lontong Cap Go Meh di Bogor yang satu ini sudah melegenda. Menu ini sudah dijajakan sejak 1975 dan resepnya juga masih asli sebagaimana mulai pertama dijual dulu. Jadi jika Anda sedang menikmati wisata kuliner di Bogor dan nafsu banget menyantap kuliner Bogor yang satu ini, tinggal siapkan perut kosong tapi dompetnya tebal berisi.

Lontong Cap Go Meh di Bogor bisa dijumpai sehari-hari di Bogor Permai Bakery & Restaurant, Jln. Jendral Sudirman No. 23A, Pabaton, Bogor. Menu ini sudah tersedia sejak restoran dibuka pukul 06.00 WIB. Jam buka restoran adalah 06.00 WIB sampai 20.30 WIB sebagaimana yang disampaikan Zakaria, salah satu pramusaji restoran. Selain lontong Cap Go Meh, yang dari pagi sudah tersedia adalah menu sarapan berupa nasi uduk, nasi langgi, bubur ayam, dan nasi goreng. Untuk masakan lain seperti yang ada di menu baru tersedia pukul 09.00 WIB.

Lontong Cap Go Meh Bogor Permai

Lontong Cap Go Meh milik Bogor Permai berisi lontong, opor ayam, sayur labu siam, sambal goreng hati, kedelai bubuk, serundeng, dan sambal. Karena ada kedelai bubuk, kuahnya jadi lebih kental dan lebih sedap tentunya. Rasanya benar-benar menggoyang lidah. Apalagi ayam yang dipakai untuk opor adalah ayam kampung. Empuk lagi. Seporsinya dihargai Rp 36.500. Bukan harga yang murah, memang. Namun bila mengingat rasa, tempatnya yang nyaman, dan berada di pusat kota, harga segitu masih oke.

lontong cap go meh di bogor
Lontong Cap Go Meh Bogor Permai

Jadi, kalau sedang berhasrat menikmati lontong Cap Go Meh di Bogor, pilihannya dua. Pertama, menunggu makan gratis di Vihara Dhanagun pas hari raya Imlek. Kedua, mampir ke penjual lontong Cap Go Meh. Bila yang kedua yang dipilih, Bogor Permai adalah tempat kita bisa menyantap lontong Cap Go Meh di Bogor.

Sumber gambar: koleksi pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here