it's better late than never

Bukan mau pamer, hanya heran saja. Kok baru sekarang tulisan yang pernah saya kirimkan dimuat di Reader’s Digest? Meskipun demikian, senang juga sih melihat karya sendiri terpampang di majalah bulanan itu.

Ada kebanggaan tersendiri saat membaca tulisan kita dimuat di sebuah media. Bagi saya, ketika mengirimkan tulisan ke sebuah media cetak, bukan masalah bayaran yang menjadi tujuan utama. Kepuasan dan kebanggaan karena dimuatlah yang buat saya lebih bernilai dibandingkan imbalan yang diterima. Hal itu juga sekaligus ajang pembuktian bagi diri sendiri bahwa tulisan yang dibuat tidak jelek-jelek amat. Setidaknya ada di antara tulisan yang dilahirkan diakui kelayakannya untuk terbit oleh seorang atau sebuah tim redaksi suatu media. Dengan demikian, semakin memperkuat keyakinan bahwa sebenarnya peluang untuk dimuat di media cetak bagi tulisan yang dibuat semakin terbuka.

Kapan tulisan singkat yang dimuat di Reader’s Digest edisi Januari 2011 dikirim saya sendiri lupa. Bahkan saya tidak ingat bahwa saya pernah mengirimkan tulisan itu. Ketika anak pertama saya membacanya dan menginformasikan bahwa ada tulisan saya di situ, saya baru sadar bahwa saya dulu pernah mengirim tulisan tersebut. Bila melihat isi tulisan yang hanya beberapa kalimat itu, rasanya sudah dua tahun yang lalu karangan itu saya kirimkan. Kok bisa selama itu? Entahlah. Barangkali pihak majalah mempunyai prinsip seperti yang dikatakan teman saya: It’s better late than later – lebih baik terlambat daripada lebih terlambat (aslinya sih It’s better late than never).

Berikut ini saya tulis ulang artikel singkat tersebut, yang bisa anda temukan di Reader’s Digest Indonesia edisi Januari 2011 halaman 66 dalam rubrik Lucunya Keluarga!

Reyhan, 8, yang sedang giat belajar komputer, memberikan tebak-tebakan kepada ibunya, “Ibu, kenapa di tombol keyboard tulisannya ‘Enter’?”
“Apa, ya? Nyerah, deh,” ujar ibunya.
“Kalau tulisannya ‘Entar’, nanti jadi lambat.”

Sumber gambar: di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here