kuliner bogor
Jln. Surya Kencana, Salah Satu Sentra Kuliner Bogor

Kuliner Bogor diburu wisatawan bukan hal aneh lagi. Mereka tidak hanya datang dari Jabodetabek, bahkan di luar wilayah itu.

Kuliner Bogor yang jadi favorit wisatawan makin ke sini makin beragam, dari menu yang sudah tersedia sejak lama sampai makanan dan minuman baru hasil inovasi maupun pengembangan yang sudah ada. Hal ini menjadikan Bogor makin merangsang untuk dikunjungi. Sayangnya, dengan meningkatnya wisata kuliner di Bogor juga menjadikan semakin sibuk lalu lintas di jalan khususnya di akhir pekan dan libur sekolah serta di sekitar tempat wisata kuliner.

Sebenarnya lebih asyik kalau datang ke Bogor bukan pas akhir pekan atau libur panjang. Jalan tak terlalu padat kendaraan kecuali jam berangkat dan pulang sekolah atau kerja. Selain itu, tempat makan yang dituju juga tidak begitu penuh. Apalagi tempat makan yang sudah banyak dikenal. Mau tak mau harus antri menunggu giliran ada tempat duduk kosong atau dilayani. Pilihan waktu tidak di akhir pekan mungkin bukan pilihan gampang. Mereka yang datang memang biasanya memanfaatkan libur akhir pekan atau libur sekolah. Atau waktu senggang yang dimiliki untuk jalan-jalan ya memang pas akhir pekan itu.

Lokasi Kuliner Bogor

Banyak tempat tujuan wisata kuliner Bogor yang tersebar di wilayah kota dan pinggiran. Bila kita buka Google Maps dan mengetik kata Bogor di kotak pencarian, akan terpampang peta Bogor. Jika kita amati, banyak bertebaran ikon cangkir atau garpu dan pisau di sepanjang jalan sebagai lambang tempat makan dan minum. Tentu saja tidak semuanya menyediakan makanan dan minuman khas kuliner Bogor. Bahkan yang memang khas kuliner Bogor hanya sebagian kecil. Kalau kita tak punya panduan, tentu kita akan kebingungan musti menuju ke warung atau restoran yang mana. Agar Anda tak bingung setelah sampai di Kota Hujan ini musti makan atau minum apa yang khas kuliner Bogor, untuk itulah tulisan ini dibuat.

Berikut adalah 25 makanan dan minuman khas kuliner Bogor yang wajib Anda coba terlebih dahulu sebelum mencicipi yang lain-lain. Dari daftar makanan dan minuman di bawah ini, beberapa bisa ditemukan di banyak tempat, sebagian lainnya dapat ditemukan di lebih dari satu tempat tetapi jumlahnya tidak banyak, sisanya hanya bisa didapati di satu tempat karena kuliner itu eksklusif punyanya tempat makan tersebut. Untuk harga, beda tempat bisa beda harga.

25 Sajian Khas Kuliner Bogor

1. Toge Goreng

Makanan ini bisa ditemukan di banyak tempat di Bogor. Meskipun namanya toge goreng, makanan ini tidak menggunakan minyak untuk menggorengnya. Banyak yang mengira cara membuat toge goreng adalah dengan digoreng seperti bikin bakwan atau bala-bala. Dalam satu porsi toge goreng berisi irisan ketupat di atasnya ditaruh mi, toge, tahu, lalu disiram kuah bumbu yang terbuat dari tauco dan bahan lain. Karena togenya dibolak-balik sebentar agar layu di air panas dalam nampan di atas api seperti orang menggoreng inilah makanan ini kemudian dinamakan toge goreng.
Penjual yang direkomendasikan:
Toge Goreng Pak Abung
Jalan Raya Cihideung, Cijeruk, Palasari, Bogor

kuliner bogor toge goreng
Toge Goreng

2. Soto Kuning

Sajian ini bisa ditemukan di banyak tempat baik yang dijajakan di gerobak dorong, warung tenda, maupun di rumah makan. Soto kuning yang kuningnya dari kunyit ini bisa berisi daging sapi, jeroan macam babat dan iso/usus, atau campur sesuai permintaan pembeli.
Penjual yang direkomendasikan:
Soto Bogor Pak Salam
Jln. Siliwangi (Gang Aut), Bogor

kuliner bogor soto kuning
Soto Kuning (Foto: @mysetiawan)

3. Soto Mie

Soto ini nikmat disantap baik untuk sarapan atau maka siang. Dalam semangkuk versi komplit soto mie berisi mi kuning, kadang dikasih bihun juga, daging sapi, kikil, resol, wortel, lobak, kentang, kol, tomat, emping, bawang daun, bawang goreng, lalu disiram kuah bening.
Penjual yang direkomendasikan:
Soto Mie Mang Ohim
Jln. Taman Cimanggu No. 22, Kedung Waringin, Tanah Sereal, Bogor

kuliner bogor soto mie
Soto Mie

4. Doclang

Doclang terbuat dari beras yang dibungkus daun patat lalu direbus selama kurang lebih empat jam. Saat dipotong-potong tampilannya mirip ketupat atau lontong. Irisan doclang ini di atasnya dikasih potongan-potongan tahu lalu disiram bumbu kacang dan kecap. Setelah itu di atasnya ditaruh kerupuk seperti kerupuknya bubur ayam. Penjual doclang biasanya juga menyediakan telur rebus sebagai pelengkap. Ada juga yang ditambah irisan bakwan atau bala-bala.
Penjual yang direkomendasikan:
Ketupat Doclang Abah Jujun
Depan kompleks ruko Perumahan Haji Indonesia
Jln. Tumenggung Wiradiredja, Cimahpar, Bogor

kuliner bogor doclang
Doclang

5. Cungkring

Bentuknya seperti sate ayam atau sate daging. Terbuat dari irisan bagian kepala sapi dan kikil yang dimasak bumbu kuning. Disajikan dengan lontong lalu disiram bumbu kacang. Disediakan pula tempe goreng tepung sebagai pelengkap.
Penjual yang direkomendasikan:
Cungkring Pak Jumat
Jln. Suryakencana, Bogor, dekat perempatan Gang Aut

6. Asinan

Asinan adalah saladnya orang Bogor. Ada dua macam jenis asinan yang banyak dijual sejak dulu yaitu asinan buah dan asinan sayur. Selain kedua macam asinan itu, ada juga asinan jenis lain yang unik yaitu asinan jagung bakar. Kuah asinan kaya rasa. Ada unsur pedas, manis, asin, dan asam di dalamnya. Itulah yang membuat asinan terasa segar dinikmati.
Penjual yang direkomendasikan:
Asinan di tikungan Jln. Roda, Bogor, dekat minimarket Alfamart

kuliner bogor asinan
Asinan Buah dan Asinan Sayur

7. Laksa Bogor

Satu porsi laksa Bogor berisi irisan ketupat, bihun, oncom, tauge, irisan tahu kuning, telur rebus, dan daun kemangi lalu disiram kuah santan kuning. Di atasnya kemudian ditaburi serundeng.
Penjual yang direkomendasikan:
Laksa Oncom Bogor Mang Ocim
Jln. Rangga Gading No. 25, Gudang, Bogor, sebelum pertigaan dekat kampus STIE Kesatuan

kuliner bogor
Laksa Bogor

8. Pizza Kayu Bakar

Makanan asli Italia ini berbeda cara memanggangnya. Karena panas oven yang digunakan berasal dari kayu bakar, bukan dari gas atau listrik, piza yang tersaji beraroma sangit. Pilihan topping sesuai selera pembeli di antaranya smoked beef, tuna, dan jamur.
Penjual:
Kedai Kita
Jln. Pangrango No. 21, Bogor

9. ‎Nasi Bebek

Ada banyak tempat makan dengan menu bebek baik bakar, goreng, tongseng, atau ungkep.
Penjual yang direkomendasikan:
Sego Bebek Suroboyo
Halaman parkir kompleks ruko sebelah kiri Gedung Wanita,
Jln. Jendral Sudirman, Bogor
Hanya melayani sarapan (07.00-10.00 WIB)

kuliner bogor sego bebek
Sego Bebek Suroboyo (Foto: @utamiutar)

10. ‎Sate Maranggi

Sate ini ada yang dari daging sapi, ada pula yang dari daging kambing. Yang istimewa dari sate maranggi, citarasanya begitu kuat karena bumbu rendaman yang dipakai sebelum sate dibakar. Karena itu, tak perlu disiram bumbu kacang lagi seperti sate Madura.
Penjual yang direkomendasikan:
Sate Maranggi SN 444
Jln. Raya Tajur No.289, Muarasari, Bogor

kuliner bogor - sate maranggi
Sate Maranggi (Foto: Andi Darmawan)

11. Tahu Sutra

Tahu ini berbeda dari tahu Sumedang. Tahu sutra dalamnya padat tidak berongga dan terasa lembut di mulut. Rasanya gurih asin. Enak digado dan juga cocok buat lauk.
Penjual:
Tahu Enak Priyayi
Gerobaknya mangkal di Jln. Bukit Sentul, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, dekat Toko Billy

kuliner bogor tahu sutra
Tahu Sutra

12. Martabak Manis dan Telor

Martabak manis dibuat dari tepung terigu dengan beragam pilihan rasa untuk topping-nya: keju, pisang, kacang, ketan hitam, dan lain-lain. Bahan utama campuran untuk isi martabak telor yaitu telor bebek/ayam, daging sapi/ayam, rajangan bawang daun. Kedua jenis martabak ini sama-sama nikmat. Mau pilih yang mana tergantung selera pembeli. Martabak dijual di banyak tempat di Bogor.
Penjual yang direkomendasikan:
Martabak Aphin: Martabak Manis & Telor Asli Bangka
Jl. Raya Pajajaran No. 19, Sukasari, Bogor

kuliner bogor martabak manis
Martabak Manis

13. Roti Kotak Cokelat

Roti legendaris ini sudah ada sejak 1963. Bentuknya kotak berisi cokelat. Dari bentuk dan isinya inilah roti ini mendapat nama.
Penjual:
Bogor Permai Bakery & Restaurant
Jln. Jendral Sudirman No. 23A, Pabaton, Bogor

kuliner bogor roti kotak cokelat
Roti Kotak Cokelat

14. ‎Serabi Durian

Serabi durian merupakan salah satu rasa yang ditawarkan. Ada varian lain yang bisa dinikmati misalnya serabi telur, keju, oncom, dan lain-lain.
Penjual yang direkomendasikan:
Surabi Duren 2
Jl. Sukasari No. 5, Sukasari, Bogor

kuliner bogor serabi durian
Serabi Durian Keju

15. ‎Kue Balok

Kue balok dibikin dari tepung terigu. Cara membuatnya dengan dipanggang di cetakan seperti bikin pukis. Rasanya manis. Bentuknya kotak seperti balok.
Penjual yang direkomendasikan:
Penjual kue balok di trotoar depan Toko Terang, Jln. Veteran No. 17, Jembatan Merah, Bogor
Hanya jualan pagi (04.00-07.00 WIB)

kuliner bogor kue balok
Kue Balok

16. Dodongkal

Kue ini terbuat dari tepung beras. Rasa manisnya berasal dari gula merah yang dikucurkan saat proses pembuatan. Kue tradisional ini bisa ditemui di beberapa tempat di Bogor.
Penjual yang direkomendasikan:
Dodongkal Air Mancur
Pojok jalan antara Jln. Re. Martadinata dan Jln. Pemuda, Bogor, dekat Taman Air Mancur

kuliner bogor
Dodongkal

17. ‎Seupan Talas

Seupan talas adalah talas kukus yang ditaburi parutan kelapa. Selain parutan kelapa ditambahkan juga gula kalau pembelinya suka.
Penjual yang direkomendasikan:
Gerobak seupan talas yang mangkal di trotoar dekat Puncak Photo Studio,
Jln. Surya Kencana No. 53, Babakan Pasar, Bogor

kuliner bogor seupan talas
Seupan Talas

18. Ubi madu Cilembu Oven

Ubi ini bila dibelah dalamnya berwarna kuning keemasan dan masir. Dagingnya lembut. Rasanya legit (manis sekali). Pedagang ubi Cilembu biasanya menjual juga buah-buahan. Tidak semua pedagang ubi Cilembu menjual ubi Cilembu yang dioven.
Penjual yang direkomendasikan:
All Fresh
Jln. Malabar I, sebelah kanan Lippo Plaza Keboen Raya Bogor

kuliner bogor ubi madu cilembu
Ubi Madu Cilembu Oven

19. Pepes Sagu

Kue basah yang terasa manis ini terbuat dari sagu dicampur bahan lain seperti pisang, nangka, keju, atau cokelat.
Penjual:
Gerobak Pepes
Jln. Surya Kencana, Bogor

kuliner bogor
Pepes Sagu

20. ‎Es Pala

Dibikin dari irisan buah pala yang sudah dijadikan manisan dan sirup pala. Es pala cocok diminum saat udara panas. Es buah pala ini tersedia di pedagang pinggir jalan dan tempat makan.
Penjual yang direkomendasikan:
Es Pala Pak Ujang
Perempatan Gang Aut, Jln. Surya Kencana, Bogor

kuliner bogor - es pala
Es Pala

21. Es Caruluk

Caruluk atau kolang-kaling yang merupakan buah enau yang sudah dikupas ini sangat nikmat dijadikan minuman. Seporsi es caruluk berisi potongan kolang-kaling, es serut, susu kental manis, santan, dan gula merah cair.
Penjual:
Mie Ayam Bangka AL
Jln. Sawojajar No. 41, Pabaton, Bogor

kuliner bogor
Es Caruluk

22. Es Krim Durian

Dibuat dari buah durian segar. Cocok dinikmati saat udara panas. Penyajiannya pakai mangkuk atau gelas plastik. Ada pula yang menggunakan roti tawar lalu dibungkus kertas. Di atasnya bisa ditaburi kacang tanah yang disangrai, meses, atau keju sesuai permintaan pembeli. Tidak semua penjual es krim durian di Bogor menyediakan topping. Ada pula yang menjual es krim durian polos.
Penjual yang direkomendasikan:
Es Krim Durian Doto
Jl. Sukasari 1 No. 20, Sukasari, Bogor

kuliner bogor
Es Krim Durian

23. ‎Es Sekoteng

Semangkuk es sekoteng berisi kelapa muda, alpukat, bubur pacar cina, es serut, dan susu kental manis.
Penjual yang direkomendasikan:
Es Sekoteng & Siomay BOPER
Jln. Sawojajar No.43, Pabaton, Bogor

kuliner bogor
Es Sekoteng (Foto: @utamiutar)

24. Bansus

Minuman ini cocok diminum saat udara dingin. Bansus, yang merupakan singkatan bandrek susu, terasa hangat karena salah satu bahannya adalah jahe.
Penjual yang direkomendasikan:
Warung bansus dekat Taman Air Mancur, Jln. A. Yani, Bogor

kuliner bogor bansus
Bansus (Bandrek Susu)

25. Bir Kocok

Minuman ini terbuat dari jahe, kayu manis, gula pasir, gula aren. Diminum pakai es lebih segar.
Penjual yang direkomendasikan:
Es Bir Kotjok Bogor
Tikungan Jln. Roda, Bogor, dekat minimarket Alfamart

Mari berburu kuliner Bogor. Kenikmatannya hanya bisa dirasakan di Kota Hujan ini.

Sumber gambar: koleksi pribadi

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here