kerbau atau sapi
Kerbau

Permainan masa kecil apa yang masih anda ingat hingga saat ini? Saya selalu ingat sebuah permainan setiap kali makan jambu air. Permainan itu biasa saya dan teman sepermainan masa kecil sebut Kerbau atau Sapi?. Sebuah permainan yang mudah, murah, dan sangat meriah ketika dimainkan. Jika anda tidak mengenal permainan tersebut atau tidak tahu cara memainkannya, saya akan berbagi caranya untuk anda.

Di setiap kampung, selalu ada permainan yang melibatkan lingkungan sekitar entah itu pepohonan, buah-buahan, sungai, binatang liar maupun piaraan, dan lain-lain. Kerbau atau Sapi? adalah salah satu contoh permainan yang menggunakan buah-buahan khususnya jambu air. Permainan ini di tempat saya hanya menggunakan jambu air, bukan buah lain. Itupun hanya bijinya, tidak dagingnya. Jenis jambu airnya bisa apa saja asal memiliki biji. Makin besar bijinya makin bagus. Jika jambu air yang digunakan tidak memiliki biji maka permainan ini tidak dapat dilakukan.

Permainan Kerbau atau Sapi? bisa dimainkan berdua atau banyak sebanyak-banyaknya. Cara memainkannya sangat mudah. Anda tinggal pecah buah jambu tersebut, makan dagingnya, kemudian ambil bijinya. Jumlah bermainnya tergantung banyaknya biji yang ada di dalam buah jambu. Satu biji digunakan untuk satu kali permainan. Jika isinya lebih dari satu, dua misalnya, maka bisa digunakan untuk dua kali main. Berapa banyak anda melakukan permainan tergantung berapa jumlah biji jambu air yang anda miliki.

Pemenang dari permainan ini ditentukan oleh ketepatan menebak isi jambu. Jadi sebelum isi jambu tersebut dipecah maka peserta permainan diminta untuk menebak warna bagian dalam dari biji. Tebakannya ada dua yaitu Kerbau atau Sapi. Disebut kerbau apabila bagian dalam dari biji berwarna coklat muda, coklat tua, hijau tua, merah muda, atau merah tua. Sedangkan disebut sapi apabila berwarna putih, kuning, hijau muda, atau warna pastel. Setelah semua peserta telah menebak, biji jambu dibelah dan dilihat isinya. Siapa yang tebakannya tepat maka dia yang memenangkan permainan. Jika jumlah biji jambu yang dipunyai banyak maka yang paling banyak menebak dengan tepat dia yang menjadi juaranya. Mudah kan?
 
Sumber gambar: koleksi pribadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here