Entah sudah keberapa kalinya saya menggunakan kata kebo dalam tulisan yang saya buat. Binatang ini memang salah satu yang menjadi favorit saya. Bila judul tulisan ini Kebo Kumpul Kebo Returns, hal itu karena ada hubungannya dengan tulisan yang berjudul Kebo Kumpul Kebo yang pernah saya buat dulu. Terus, mengapa sekarang judulnya ditambahi dengan kata Returns?

Tulisan berjudul Kebo Kumpul Kebo bercerita tentang pertemanan. Tulisan yang sedang anda baca ini juga akan bercerita tentang pertemanan. Itulah mengapa saya katakan ada hubungan dari kedua tulisan itu dan itu pula sebabnya judulnya saya tambah kata Returns yang artinya kembali. Kali ini kisahnya tentang aktifitas persahabatan yang dilakukan oleh anggota komunitas blogger Bogor yang bernama Blogor. Kegiatan bulanan yang diadakan tadi malam di sebuah kedai romantis di dekat Taman Kencana.

Saya akan ceritakan dulu warung yang menjadi tempat ngumpul. Untuk pertama kalinya saya datang dan makan di warung itu. Tempatnya lumayan nyaman buat nongkrong meskipun interiornya sederhana. Ada kerlap-kerlip lampu-lampu kecil yang dililitkan di tiang dan pohon palem. Meja dan tempat duduk yang ada terbuat dari triplek dan kayu yang lebih mementingkan fungsi, bukan estetika dan kenyamanan. Harga makanannya cukup murah. Warung ini nampaknya didesain untuk kalangan mahasiswa. Hal itu terlihat dari para pengunjung yang hadir tadi malam. Lokasinya memang dekat kampus IPB dan tempat kost. Mengenai rasa masakan, sayangnya tidak terlalu enak. Jika anda mencari tempat nongkrong yang murah meriah dan lumayan nyaman, bukan cita rasa masakan, anda bisa datang ke tempat itu. Yang membuat saya betah berlama-lama saat itu adalah karena ada live music berupa organ tunggal. Kalau nggak salah live music ada setiap malam Sabtu dan Minggu.

Teman-teman di Blogor sengaja mengadakan arisan agar ada alasan untuk berkumpul setiap bulannya. Dengan demikian mereka bisa bertemu dan bertukar informasi sekaligus mempererat tali silaturahim. Dari ajang kumpul-kumpul ini biasanya kemudian lahir ide-ide kreatif terkait dengan Blogor. Forum arisan ini sebenarnya bukan hanya untuk yang ikut, tetapi anggota Blogor yang lainpun boleh datang bergabung kalau mau. Karena malu atau tidak enak, mungkin, tidak banyak yang mau datang. Acara arisan ini adalah forum kopdar yang lain disamping kopdar rutin yang diadakan sebulan sekali yang disebut dengan Jumper (Jum’at pertama). Bila anda termasuk anggota Blogor, berusahalah untuk datang. Jika tidak bisa setiap bulan, sekali-sekali juga boleh. Tidak perlu malu dan menyingkir dari anggota lain karena pada dasarnya yang datang kopdar baik forum arisan maupun Jumper semua ramah-ramah. Kalau terjadi kekakuan, itu dikarenakan baru pertama kali bertemu dan belum terbiasa. Saya yakin, lama-kelamaan kekakuan itu akan menghilang.

Para anggota Blogor itu orangnya baik-baik. Bila ada ketidaksamaan pendapat dan yang lain, hal itu kan wajar terjadi. Namanya juga manusia. Tidak ada satupun orang yang benar-benar sama. Orang kembar sekalipun. Keanekaragaman itu misalnya dari segi usia. Umur anggota Blogor bervariasi. Namun perbedaan itu tidak menjadi masalah dan bisa menjadi satu karena memiliki minat yang sama. Seperti blogger yang datang tadi malam, Prof. Sjafri adalah yang paling sepuh yang juga menjadi sesepuhnya Blogor. Anggota lain yang masih muda, jauh lebih muda malah, bisa berbaur dan ngobrol akrab. Mereka yang semalam bisa menyempatkan diri hadir dan ngobrol adalah Prof. Sjafri, Akhdian, WKF, Falla, Alif, Irvan, Boin, Miftah, Echa, dan Ismi, juga Hanggadamai dan Pandu meskipun datang belakangan.

Semua yang berkumpul tadi malam tentu saja manusia, bukan kebo. Namun sama seperti kebo atau binatang lain, mereka juga berkumpul sesama jenisnya. Tidak ada kebo berkumpul dengan harimau misalnya. Tadi malam yang terjadi juga seperti itu. Mereka berada dalam satu tempat karena sama-sama blogger dan berada dalam komunitas yang sama yaitu Blogor. Itulah yang menyatukan mereka semua tadi malam.

Sumber gambar: di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here