Indonesia untuk SEA Games XXVI 2011Berani taruhan Ade Ray pasti tidak ada hubungannya dengan Forrest Gump. Keduanya tidak saling mengenal, dan kita tahu mereka berasal dari dua negara dan dua dunia yang berbeda. Yang satu berasal dari Indonesia, satunya berasal dari Amerika. Yang satu datang dari dunia nyata, satunya datang dari tangan emas seorang sutradara. Namun demikian, ada satu kesamaan aktifitas di antara keduanya yang saat ini dilakukan oleh Ade Ray: lari.

Mudah-mudahan anda tidak berharap tulisan ini tentang Ade Ray, Forrest Gump, atau lari. Lho? Lalu, kenapa pembuka tulisan ini tentang tiga hal tersebut? Satu alasan yang bisa saya sampaikan tentang hal itu kepada anda adalah karena saya terispirasi ucapan Forrest Gump. Kata-kata dia tiba-tiba menggerakkan jemari saya membuat tulisan ini ketika saya menyaksikan Ade Ray dan para atlet yang ditunjuk untuk lari membawa obor SEA Games XXVI tahun 2011.

Now you wouldn’t believe me if I told you, but I could run like the wind blows. From that day on, if I was going somewhere, I was running! (Forrest Gump)

Dari kegemaran lari Forrest Gump yang tergambar dalam film dengan judul yang sama itu, saya ingin melaporkan kepada anda perjalan obor SEA Games selama berada di Jakarta. Obor tersebut dibawa berlari sebagaimana yang dilakukan Forrest Gump untuk terus lari setiap bepergian.

SEA Games XXVI 2011
foto: Ani Berta

Obor SEA Games telah tiba di bandara Soekarno Hatta 4 Nopember 2011. Obor itu selanjutnya dibawa dengan kendaraan ke Jl. S. Parman, Jakarta Barat. Tepatnya di depan RS Dharmais, obor diarak menuju Balaikota di Jl. Merdeka Selatan secara estafet. Sebelum sampai ke tujuan, obor tersebut mampir dulu ke Kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga, Menara Indosat, dan Istana Wakil Presiden RI.

SEA Games XXVI 2011
foto: Ani Berta

Esok paginya (hari ini) mulai pukul 09.00 WIB, obor kembali dibawa berlari mengelilingi Kota Jakarta. Perjalanan diawali dari Balaikota menuju Kantor Walikota Jakarta Utara. Dalam perjalanan ini, obor SEA Games melewati wilayah kota Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan melakukan persinggahan di beberapa tempat sebelum sampai di tujuan. Tempat yang disinggahi obor adalah Kantor KONI, Plaza Senayan, Plaza Mandiri, Kantor Unilever, dan Kantor Pusat Panasonic.

SEA Games XXVI 2011
foto: Ani Berta

Setelah sampai di Kantor Walikota Jakarta Utara, obor akan dibawa dengan kendaraan menuju pelabuhan Tanjung Priok. Di tempat ini obor SEA Games diserahkan Walikota Jakarta Utara kepada Ketua INASOC. Selanjutnya Ketua INASOC menyerahkannya kepada Duta Obor DKI Jakarta kemudian dipindahtangankan ke INASOC Sumatera Selatan untuk dibawa berlayar menuju Palembang. Jadwal pemberangkatan pukul 19.00 WIB.

Obor tersebut telah melewati banyak tempat di Indonesia. Sebagai lambang semangat sportivitas, Indonesia diharapkan mampu meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Meski banyak nada sinis karena banyak cacat seperti kasus wisma atlet, semoga semangat kebangsaan masih tetap ada. Hanya kitalah yang mampu membawa Indonesia dari keterpurukan. Kitalah yang bisa membuat Indonesia bangkit. Kalau bukan kita yang mendukung atlet-atlet kita di SEA Games nanti, siapa lagi coba? Oleh karena itu, ayo kita dukung Indonesia dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut. Mari kita hantarkan Indonesia untuk menjadi pemenang di SEA Games XXVI 2011 yang diselenggaran di Jakarta dan Palembang dari 11-22 November 2011 seperti yang pernah diraih Indonesia sebagai juara umum saat menjadi tuan rumah SEA Games di tahun 1979, 1987, dan 1997. Ayo dukung Indonesia karena Indonesia pasti bisa.

 

Sumber gambar: di sini

4 COMMENTS

  1. yuk, mari kita bersatu untuk menumbuhkan semangat bagi indonesia dalam laga sea games nanti, nantingkatkan sportifitas agar kita bisa jadi tuan rumah yg baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here