hitam putih bogorKetika hari ini dapat kabar desain sampul buku Hitam Putih Bogor sudah dikirimkan penerbit, rasanya lega sekali, bak terbebas dari sembelit. Sungguh, mulasnya perut penantian ini langsung plong. Lenyap. Sekarang, tinggal menunggu wujud fisik dari buku tersebut benar-benar sampai di tangan.

Hitam Putih Bogor merupakan buku keroyokan yang digarap para sahabat di komunitas blogger Bogor atau Blogor. Sebanyak 20 blogger bersinergi membuat tulisan terkait dengan Bogor yang juga berjulukan Kota Hujan. Pemaparan keindahan alam, ragam kuliner, dan pesona lain yang dimiliki Bogor digarap oleh 10 blogger yang tergabung dalam Grup Putih. Sisanya, dengan jumlah blogger yang sama, menyatu dalam Grup Hitam. Mereka memiliki tugas mengurai segala hal yang perlu dibenahi tentang Bogor. Bukan untuk menghakimi tetapi sebagai masukan bagi pemerintah Kota maupun Kabupaten Bogor. Para blogger yang tergabung dalam Grup Hitam ini selain menuliskan potret hitam Bogor, mereka juga menyodorkan alternatif penanganannya. Bisa dibilang mereka bukan sekadar menyinyiri, pun menawarkan solusi. Masalah solusi itu dipakai atau tidak, sudah tidak menjadi kewenangan mereka lagi.

hitam putih bogor

Salah satu tujuan diterbitkannya Hitam Putih Bogor adalah memperkenalkan Bogor dari kacamata yang berbeda, yaitu kacamata yang dimiliki blogger. Tulisan yang dianggit blogger tentunya berbeda dengan karya jurnalis. Meski yang dilakukan sama yaitu menulis, blogger lebih bebas dan personal dalam menuangkan tulisannya. Itulah sebabnya ketika sebuah masalah perkotaan di Bogor, misalnya, dilaporkan oleh seorang blogger, pemaparannya lebih menggambarkan dia sebagai seorang masyarakat, bukan wartawan. Kaidah penulisan seperti penggunaan 5W + 1H kadang diabaikan karena blogger tidak terikat atau tidak peduli terhadap hal itu. Baginya, yang penting bagaimana dia bisa melaporkan apa yang dilihat lewat tulisan. Kadang acak-acakan dan tidak runtut memang, tapi bukan hal yang begitu dipermasalahkan. Blog bukan koran. Blogger bukan wartawan, meskipun sama-sama mewartakan. Dalam Hitam Putih Bogor, Anda akan menemukan bagaimana beragam gaya tulisan blogger Bogor mewartakan kotanya.

Hitam Putih Bogor juga diperuntukkan bagi penutur bahasa asing khususnya turis atau pebisnis manca negara yang akan atau sedang berkunjung di Bogor. Itulah sebabnya buku ini ditulis dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Dengan demikian, diharapkan informasi perihal Bogor yang ada di dalam Hitam Putih Bogor bisa dimengerti dan sedikit banyak menambah pemahaman mereka tentang Bogor.

hitam putih bogor (talas blogor)Buku ini merupakan buku kedua yang pernah ditulis komunitas blogger Bogor setelah buku pertama, Talas Blogor. Diharapkan dalam waktu tidak lama, bila tidak meleset di bulan ini juga, Hitam Putih Bogor akan terbit. Inilah bentuk sumbangan blogger untuk kotanya. Jika Anda berminat memilikinya sekarang sudah bisa dipesan melaui akun Twitter @BloggerBogor. Silakan kirim DM (direct message) untuk pemesanan ke akun tersebut. Dengan jumlah halaman sebanyak 209 lembar, buku ini berharga Rp 43.600. Tidak mahal, kan? 😉

Catatan terbaru (10 Feb 2013):
Hitam Putih Bogor sudah bisa dibeli secara online melalui penerbitnya. Silakan klik DI SINI untuk membeli.
Untuk membeli Talas Blogor seharga Rp 37.000, silakan klik DI SINI.

3 COMMENTS

  1. Asmkm…. Lama tidak buka blog pak Adi, tau-tau dengan Keroyokan bareng 20 bloger lainnya bikin buku, Mantep tenan…. oman masih suka posting cuma masik kikuk, lebih ke pengalaman hidup diri sendiri Pak, Tapi masih semangat ngblog…… Salam Bloger Pak Adi…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here