>Sudah nggak keitung saya ke gunung kapur di desa Karang Mas. Kapanpun main ke tempat tersebut, selalu senang saja bawaannya. Termasuk hari Minggu pagi (24/12/06) kemarin.

Ceritanya di kampung tempat saya tinggal mengadakan acara Jalan Sehat Keluarga. Pesertanya merupakan gabungan RT.02 dan RT.03. Meskipun hanya sebagian keluarga saja yang ikut, acaranya tetap meriah. Semua orang menikmati perjalanan. Termasuk saya sekeluarga. Hamparan rumput menghijau setinggi muka mengapit jalan yang dilewati. Anak-anak yang ikut sudah pasti tenggelam oleh ketinggian rumput. Jalanan menanjak menjadi tantangan lain buat mereka. Nampak jelas terpancar kegembiraan di wajah mereka. Tidak ada istilah capek.

Semua orang bersuka cita. Bukan hanya anak-anak, orang tua pun nggak ada bedanya. Buktinya, coba lihat foto ibu-ibu yang lagi bergaya. Kalau melihat tampangnya, mereka tidak kalah senangnya dibandingkan anak-anaknya. Jalan pagi menyusuri lereng gunung rupanya bisa menjadi obat bagi mereka untuk melupakan sejenak rutinitas di rumah. Disamping murah, sudah pasti menyehatkan.

Jarak yang harus ditempuh sebenarnya tidak terlalu jauh. Lokasi gunung kapur tepat di seberang perumahan tempat para peserta tinggal. Hanya karena banyak anak-anak yang ikut maka waktu tempuh jadi agak lama. Perjalanan dilakukan dengan santai. Lagian kenapa mesti terburu-buru. Kan tidak hendak mengejar kereta atau bis.

Udara pagi yang segar dan rerumputan hijau dengan kilau embun di atasnya menjadi terapi bagi semua peserta. Celana yang basah terkena embun terasa sejuk di kaki. Setelah jalan beberapa saat menembus rumpun rumput gajah yang hampir menutup jalan, para peserta istirahat tepat di bawah lereng yang agak terbuka. Bekal makanan dan minuman yang dibawa dari rumah dikeluarkan dan dinikmati sambil memandang bentangan desa Cibadak. Foto-fotoan tidak lupa dilakukan.

SHARE
Previous article>Ada Tamu
Next article>Bakso 2007

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here