Dulu, ketika belum kenal yang namanya kacang merah, kacang itu saya pikir seperti kacang panjang tapi berwarna merah dan digunakan untuk sayuran seperti sayur lodeh atau bahan pecel. Sama sekali tak kepikiran dan jadi terheran-heran ketika suatu saat membaca di menu sebuah tempat makan ada satu minuman bernama es kacang merah. Wah!

es kacang merah di bogor
Ala Gaya Tunggal

Ternyata es berbahan kacang merah cukup lezat dinikmati. Dengan dicampur es serut, gula jawa cair, susu kental manis coklat, dan santan, seporsi es ini bisa membuat adem tenggorokan. Sejak pertama kali mencicipinya, dan ternyata nikmat, otomatis es yang menyegarkan ini menjadi salah satu yang masuk ke dalam daftar minuman yang akan saya pesan jika menemukannya di buku menu sebuah warung atau restoran.

Asal Muasal Es Kacang Merah

Seorang teman bilang kalau dia sudah kenal lama dengan makanan berbahan kacang merah waktu tinggal di Magelang di masa kanak-kanaknya. Dulu emaknya biasa membuat sop kacang merah yang lebih dikenal dengan sebutan sop snerek, atau kadang-kadang kacang merah itu dibikin botok untuk lauk. Dia kadang-kadang juga menikmati kacang merah yang dibikin es ketika jajan di rumah makan bersama orang tuanya.

Saya tak tahu es kacang merah ini sejatinya dibuat pertama kali oleh siapa atau asalnya dari mana. Kalau versi teman saya, makanan berbahan kacang merah semacam sop sneker atau minuman model es kacang merah mungkin peninggalan Belanda. Benar tidaknya informasi itu perlu digali lebih dalam lagi. Mungkin ada dokumen lama misalnya koran jaman dahulu seperti Medan Prijaji yang menyebut es kacang merah di dalam salah satu terbitannya.

Es Kacang Merah di Bogor

Saya rasa es dari kacang merah bukan kuliner khas Bogor. Meskipun demikian, bila Anda sedang wisata kuliner di Bogor, es kacang merah bukanlah sajian yang sulit dicari di antara beragam kuliner Bogor. Ada beberapa tempat makan di Bogor yang menyediakan es kacang merah. Beberapa tempat yang punya es kacang merah mudah dijangkau karena lokasinya berada di pusat kota. Dua hari yang lalu misalnya, berturut-turut saya menikmatinya di dua tempat yang berbeda yang keduanya ada di tengah Kota Bogor.

Bila Anda bermaksud menikmati es ini di Bogor, beberapa tempat bisa didatangi. Es kacang merah itu bisa dibeli di rumah makan Mie Baso Ayam Jamur Gaya Tunggal yang ada di Villa Indah Pajajaran Jalan Bangbarung Raya, restoran Sagoo Kitchen di lantai tiga mal Botani Square, dan kios makan Penona Khas Manado di food court lantai tiga mal Botani Square.

Harga Seporsi Es Kacang Merah

es kacang merah di bogor
Ala Penona

Es kacang merah paling akhir yang saya nikmati adalah dari kios makan Penona. Tentang harga, karena tempatnya di mal meskipun di food court, harga yang dipatok untuk semangkoknya adalah Rp 25.000. Lumayan mahalkah menurut Anda?

Saya tak ingat harga seporsi es kacang merah yang dijual Gaya Tunggal. Kemungkinan besar lebih murah karena tempat jualannya di kompleks ruko, bukan di dalam mal. Kalau di Sagoo Kitchen, es kacang merah yang dinamai Ijs Katjang Brunette di buku menunya mereka hargai lebih mahal dari yang di Penona meskipun sama-sama di mal Botani. Wajar saja, meskipun mereka selantai, Sagoo Kitchen adalah restoran yang lokasinya di luar area food court. Semangkuk Ijs Katjang Brunette Sagoo Kitchen yang tertera di menu harganya Rp 32.900 ditambah pajak totalnya jadi Rp 38.000.

es kacang merah di bogor
Menu di Sagoo Kitchen
es kacang merah di bogor
Ala Sagoo Kitchen – Lebih Banyak Kacang Tanah Sangrai daripada Kacang Merahnya

Untuk penikmat es kacang merah di Bogor, harga barangkali tak jadi masalah. Selama rasa bisa memanjakan lidah, berapa pun harga yang dibandrol, uang dalam dompet akan keluar dengan mudah. Namanya juga selera, bila sudah cocok, tak bakal mempermasalahkan harga.

Sekali lagi, saat menikmati wisata kuliner di Bogor, apalagi pas siang bolong, semangkok es dari kacang merah pasti jadi pengusir gerah.

Sumber gambar: koleksi pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here