ebook kepemimpinan gratis: pemimpin tanpa singgasana

Pemimpin yang memimpin itu sudah seharusnya dan itu memang tugas dia. Namun jika pemimpin itu malah memimpin korupsi berjamaah, lalu bagaimana dengan yang dipimpinnya?

Seharusnya kita ini tetap optimis dalam menghadapi apapun. Namun sayangnya, di negeri ini banyak dari mereka yang menduduki jabatan pemimpin justru memaksa kita untuk pesimis. Tidak sekarang tidak masa yang telah lalu, para pemimpin mencontohkan perilaku korup yang tidak patut menjadi panutan. Bila anda tidak atau belum membaca Kompas Minggu kemarin, di koran itu kartun Panji Koming yang pernah muncul di Kompas Minggu 8 September 1985 kembali dihadirkan. Isinya sangat relevan dengan kondisi negeri ini sekarang. Di kartun itu digambarkan seorang pemimpin yang menginstruksikan anak buahnya untuk memberantas tikus. Tidak ada satupun yang berhasil menangkap tikus yang merupakan simbol dari koruptor. Penyebabnya bukan lain karena si pemimpin itu ternyata menjadi tempat berlindung bagi para tikus yang sedang diburu.

Memberantas korupsi memang bukan pekerjaan gampang. Sejak negeri ini masih dijajah bangsa asing, korupsi sudah dikenal dan dilakukan penguasa dan pengusaha. Jika saat ini disebut korupsi, dahulu istilahnya upeti. Hanya beda penamaan. Isinya sama saja. Dan perilaku inilah yang membuat negeri ini tetap jalan lambat, kalau tidak mau dibilang jalan di tempat. Lebih-lebih bila korupsi itu melibatkan pemimpin di banyak lini, akan semakin celakalah. Sudah pasti negeri ini akan ‘keblangsak’ dan masuk ke dalam jurang kehancuran.

Ebook berjudul Pemimpin Tanpa Singgasana ini sebagian isinya memang menyuarakan kepesimisan saya melihat korupsi terjadi di mana-mana. Sebagai pihak yang berada di luar lingkaran kekuasaan, saya hanya dapat menuliskannya. Ebook yang saya tulis tidak menggunakan bahasa baku ini mudah-mudahan bisa terasa lebih mengalir. Konsep kepemimpinan yang buat sebagian orang dianggap berat saya upayakan menjadi ringan tanpa mengurangi esensi penting di dalamnya. Saya juga berusaha agar ebook ini tidak berasa menggurui. Semoga memang itu yang anda rasakan. Yang terakhir, saya hanya bisa berharap apa yang saya tulis di dalam ebook ini bisa bermanfaat bagi anda.

Silakan membaca, merasakan, dan menilai ebook kepemimpinan ini yang ditulis oleh orang kampung. Anda bisa memilikinya secara GRATIS dengan mengunduh ebook tersebut melalui tautan di bawah ini.

 

Download ebook Pemimpin Tanpa Singgasana (1,7 MB, 97 halaman).

 

8 COMMENTS

  1. @MT: silakan disedot sampai kembung 😉 icon share twitternya nggak kelihatan, kalo pengen lihat tinggal taruh aja cursornya di atas tulisan +Share di atas tulisan Related posts.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here