Cherry Blossom

0
34
tulip - cherry blossom
Tulip di Seoul Forest (foto: @utamiutar)

Cherry blossom itu masalah bunga. Urusan bunga, saya sudah biasa karena dulu nenek saya punya florist atau toko bunga di pintu masuk Pasar Bintoro Demak. Sering setiap pulang sekolah, saya nongkrong di situ, duduk di sebelah nenek menunggu pembeli. Duduk di sebelahnya bukan untuk membantu tapi biar dikasih uang jajan.

rose
Bunga Mawar di Seoul Rose Festival di Taereung

Setiap ke tempat dagangan nenek, yang dihadapi pasti bunga-bungaan. Jadi, ketemu macam-macam bunga bukan hal aneh lagi. Apalagi saya tinggal di negara tropis yang kaya kembang. Banyak ragam bunga yang kita miliki. Saking banyaknya, kadang-kadang saya malah tidak tahu nama bunga tersebut.

Say It with Flowers

Bunga itu bisa menyampaikan perasaan, baik rasa suka maupun duka. Itulah sebabnya ada orang berjualan bunga untuk memenuhi kebutuhan itu. Dan ungkapan “say it with flowers” saya rasa muncul karena ekspresi yang diejawantahkan dalam bentuk kembang itu.

tulip - cherry blossom
Tulip di Seoul Forest (foto: @utamiutar)

Seorang teman rutin ke toko kembang untuk membeli seikat bunga sedap malam buat belahan jiwanya. Di setiap acara wisuda, orang-orang menghadiahi buket cantik. Di rumah duka, ada karangan bunga dari handai tolan dan kolega. Bahkan jumlahnya bisa puluhan bila yang pergi itu seorang pesohor. Kedatangan seseorang pun kadang disambut dengan kalungan bunga.

Saat dulu saya ada perlu di Jakarta, mobil yang saya tumpangi mengelilingi Monas. Di sepanjang pagar yang mengeliling monumen nasional itu berderet karangan bunga bahkan sampai ada yang ditumpuk karena saking banyaknya. Itulah wujud “say it with flowers” dari orang-orang yang menyayangi Basuki Cahaya Purnama alias Ahok.

Setelah pilihan presiden kemarin, muncul banyak karangan bunga ucapan selamat yang dikirimkan ke alamat rumah Prabowo Subianto. Selain itu, di sepanjang pagar istana merdeka juga disandarkan banyak karangan bunga kiriman dari banyak orang untuk mengucapkan selamat kepada Jokowi. Karangan-karangan bunga yang ditujukan kepada dua orang yang mencalonkan presiden RI 2019-2024 itu juga bisa dikategorikan sebagai “say it with flowers”.

Cherry Blossom di Korea

Sekarang di Korea sedang musim semi. Itu artinya kata cherry blossom akan sering disebut-sebut. Makna cherry blossom sendiri kalau dilihat di kamus adalah bunga sakura. Sakura yang jadi bunga nasional negara Jepang itu. Namun dalam pemakaiannya, cherry blossom atau bunga ceri juga dimaknai sebagai mekarnya bunga-bungaan.

cherry blossom
Cherry Blossom di Ilsan Lake Park (foto: @utamiutar)

Merujuk ke bunga, cherry blossom (벚꽃) merupakan jenis bunga yang mengacu ke keluarga prunus, di antaranya misalnya prunus avium (bunga sakura putih) dan prunus serrulata (bunga sakura merah jambu). Prunus triloba (풀또기) yang punya bunga warna putih dan ada juga yang merah muda termasuk keluarganya sakura. Prunus mume, biasa disebut 매화 oleh orang Korea, atau plum blossom dalam bahasa Inggris, juga satu keluarga dengan sakura.

Varietas cherry blossom ada 200 lebih. Macam-macam rupa dan warna cherry blossom bisa ditemukan. Karena kemiripannya, saya sempat bingung membedakan antara bunga sakura yang orang Korea menyebutnya 벚꽃 dengan bunga plum atau 매화. Oleh teman yang asli Korea kemudian menunjukkan perbedaan yang bisa dilihat dari bentuk kelopak bunga dan batang pohonnya. Setelah saya amati sendiri secara langsung, memang jelas berbeda. Bunga sakura, misalnya, memiliki tangkai panjang.

Asal-muasal sakura yang ada di Korea Selatan masih menjadi perdebatan. Ketika Jepang menduduki Korea, mereka menanam pohon cherry jenis Yhosino cherry di istana Changgyeonggung. Yhosino cherry ini mirip spesies King cherry yang asli Korea. Jepang juga memperkenalkan tradisi menikmati sakura saat bermekaran. Tradisi ini masih berlangsung sampai sekarang dan bahkan menjadi daya pikat bagi wisatawan mancanegara untuk berbondong-bondong ke Korea.

Bukan Hanya Cherry Blossom

Primadona musim semi bisa dibilang cherry blossom atau bunga sakura. Meski demikian, sebenarnya bukan hanya itu. Banyak bunga cantik dan harum lainnya. Beberapa di antaranya malah baru buat saya. Baru saya temui dan lihat sendiri di Korea sini. Dan namanya sendiri dalam bahasa Indonesia entah apa. Bisa jadi tidak ada padanannya karena bunga itu tidak tumbuh di Indonesia.

wild poppy - cherry blossom
Wild Poppy di Seoul Forest

Bunga yang akan ditemui saat musim semi selain bunga sakura adalah magnolia (목련), tulip, camellia, azalea atau korean rhododendron (진달래), ranunculus atau buttercup, golden bell atau forsythia koreana (개나리), hydrangea, prunus triloba (풀또기) yang masih keluarga sakura juga, bunga plum, cornelian cherry, mawar, wild poppy, rapeseed flower atau brassica napus (유채꽃), dan bunga-bunga lain yang saya tidak tahu namanya.

Festival Bunga

Musim semi yang penuh bunga ini dimeriahkan dengan adanya beragam festival dan pameran yang rutin diadakan setiap tahun. Kota-kota tertentu memiliki bunga andalan saat musim semi. Mereka kemudian mengorganisasi festival bunga. Ini menjadi daya tarik bukan hanya bagi turis asing tetapi juga warga asli Korea. Mereka berbondong-bondong datang ke festival untuk menikmati keindahan bunga yang sedang bermekaran.

azalea - cherry blossom
Festival Azalea di Gunpo

Bukan Florist

Ah saya mau revisi saja apa yang saya tulis di paragraf pertama. Kalau di atas saya bilang nenek saya punya florist, kayaknya kok berlagu banget. Florist itu kan biasanya menjual bunga sebagai tanda cinta untuk diberikan kepada orang yang masih hidup. Bunganya sendiri yang dijual semacam anggrek, sedap malam, krisan, mawar, hydrangea, tulip, dan mungkin bunga impor juga.

Sementara itu, nenek saya menjual bunga kantil atau cempaka (michelia champaca), kenanga (canangium odoratum), mawar juga ada tapi sering helai-helainya tak utuh lagi, bunga selasih, melati, lalu rajangan daun pandan sebagai penambah wewangian. Bunga yang dijual nenek saya juga untuk orang yang disayang, tapi yang ada di kuburan. Jadi lebih tepat nenek saya disebut bakul kembang saja. Bukan pemilik florist.

Sumber gambar: koleksi pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here