blog jablayBukan hanya orang, blog juga bisa mendapat predikat jablay. Tidak percaya? Coba anda jalan-jalan di blogsphere atau dunia blog, akan banyak anda temukan blog jablay bertebaran di sana.

Membuat blog memang mudah. Hanya dalam hitungan menit, sebuah blog bisa dimiliki. Penyedia layanan blog gratisan juga banyak. Tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan hosting, anda bisa membuat blog. Bahkan bukan hanya satu, sebanyak-banyak yang anda mau pun bisa. Masalahnya bukan betapa mudah atau berapa banyak blog yang kita miliki, tetapi bagaimana kita memperlakukan blog tersebut.

Memutuskan memiliki blog seharusnya diikuti oleh kesanggupan menerima konsekuensinya. Konsekuensi yang harus dijalani dengan memiliki blog adalah terus merawatnya. Merawat artinya selalu memperbaharui blog itu. Selain tampilan yang diperbaharui, isi atau tulisan anyar dalam blog tersebut juga perlu terus ditambah. Bila memperbaharui tampilan terlalu menyita waktu, cukup isinya sajalah yang terus dibuat baru karena memang itu yang lebih penting. Dan memang itu tujuan utama pengunjung datang ke sebuah blog. Tidak akan membuat pengunjung kembali dan kembali lagi bila isi blog tidak pernah ada yang baru. Ibarat makanan, blog itu sudah menjadi basi. Jika makanan sudah menjadi basi, yang mengkonsumsi akan sakit perut. Begitu juga dengan blog basi, dia bisa bikin infeksi pembacanya.

Blog basi memang bisa menyakiti, tetapi blog sehat juga bawa manfaat. Bukan hanya bagi pembaca, pemilik blog juga bisa menikmati manfaat tersebut. Di antara banyak manfaat itu, ada 10 manfaat memiliki blog yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu. Bacalah tulisan itu dengan mengklik tautannya. Jika selesai membacanya, bolehlah anda berkomentar. Bila anda tidak setuju dengan 10 manfaat itu, saya tidak akan mempermasalahkannya. Itu hak anda kok.

Salah satu keuntungan dari mempunyai blog adalah menjadikan blog itu mesin uang. Ada banyak pihak yang mau membayar pemilik blog. Tidak percaya? Silakan anda baca tulisan yang berjudul Dibayar untuk Ngeblog. Di situ ada 25 situs di internet yang bersedia membayar para pemilik blog yang mau menulis. Selain bayaran yang didapat dari 25 situs di internet, blog juga bisa menghasilkan uang dari iklan. Jumlah yang dihasilkanpun tidak tanggung-tanggung, bisa Rp700 juta perbulan. Tidak percaya? Coba baca tulisan yang berjudul Impossible People.

Anda yang tidak berorientasi uang juga bisa bersenang-senang dengan blog. Jika ada slogan patriotik “my country, right or wrong”, anda juga bisa bilang “my blog, right or wrong”. Anda bisa memperlakukan blog anda layaknya sebuah negara. Itulah wilayah kekuasaan anda di jagat maya. Meskipun kita bisa bilang right or wrong is my blog, tentu saja kita tidak bisa sesuka-suka kita mengisi blog tanpa peduli orang lain. Tetap ada koridor yang perlu kita perhatikan misalnya kesopanan.

Bagaimanapun juga, blog bisa menjadi cermin kualitas pemiliknya. Jika sebuah blog berisi cacian dan umpatan, anda tentu bisa mengambil kesimpulan seperti apa kira-kira pemiliknya. Bila sebuah blog menjadi jablay alias jarang dibelay (dibelai), bisa dipastikan yang mempunyai blog tersebut kalau tidak terlalu sibuk ya sok sibuk alias pemalas.

Sumber gambar: di sini

10 COMMENTS

  1. @julie: silakan, silakan 😉
    @zico: lanjutkan!… ngeblognya 8)
    @pak Har, teruslah berkicau ;-))
    @echa: bagus! saya suka mampir dan baca kok 😉
    @melly: rasanya nggak mungkin ke situ deh blognya Melly 😉

  2. hihihi saya blognya ga jablay dan bukan jablay *loh

    blog sayah curhatan semua..sesuai tema di awal bikin blog….cerita echa sehari2…yo kalo mau baca monggo kalo gak ya monggo *loh

  3. untungnya saya mulai meninggalkan predikat blog saya jadi blog jablay… minimal sehari sekali saya berikan perhatian tulus pada blog saya tersebut 🙂 gatel juga sebenarnya ketika kita BW mengunjungi blog lain terus blog’a nggak update postingan’a. masih mending postingan sebulan yang lalu. ini mah ada yang postingan hampir 4 bulan. kebayang kan merasa kesepiannya blog tersebut..jadi saya no to blog jablay… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here