Tak ada yang lebih menggembirakan selain bermain. Dengan bermain, hati akan selalu senang. Karena anak suka main, mereka terus gembira. Dalam keadaan apapun, di manapun, anak-anak selalu ceria kan?

Tentu kita semua pernah mengalami masa kanak-kanak. Saya yakin, siapapun akan asyik dalam permainan pada masa itu. Apa yang dimainkan saat kita kecil pasti masih kita ingat hingga sekarang. Mengapa kita tidak lakukan lagi kegembiraan itu? Bukan jenis permainannya tetapi semangatnya. Yang kita mainkan dulu bisa jadi tak mungkin kita mainkan lagi di usia yang sekarang. Tetapi kegembiraan dalam bermain, kita masih dapat mendapatkannya dengan cara sesuai usia kita dan masa kini. Jika dulu kita gembira karena bermain, sekarangpun pasti akan mengalami hal yang sama jika kita mau melakukan suatu permainan.

Ketika saya ditanya perihal cara menurunkan atau mengurangi stres, jawaban saya selalu sama: “Bermainlah!” Termasuk juga ketika pertanyaan itu terkait dengan belajar. Saat ada yang bertanya bagaimana menghilangkan kejenuhan ketika belajar, jawaban saya adalah perbanyak main. Mereka terkejut dan menganggap saya tidak serius dengan jawaban tersebut. Kemudian saya yakinkan mereka bahwa saya tidak bercanda. Untuk bisa menurunkan ketegangan, menjadi senang adalah solusinya. Untuk bisa senang, apalagi kalau bukan bermain?

Salah satu bentuk bermain adalah menjalankan hobi. Itulah sebabnya mengapa hobi begitu penting peranannya dalam menurunkan ketegangan. Karena dengan menjalankan hobi, kesenanganlah yang pasti didapat. Dijamin! Mana ada sih orang begitu sedih dan tertekan gara-gara menjalankan hobi? Rasanya tidak mungkin jika kita, misalnya, memiliki hobi nyanyi kemudian menangis kecewa karena sedang menyanyi. Oleh karena itu, apapun hobi anda, sering-seringlah anda jalani itu. Jika anda tak tahu kegiatan apa yang bisa mendatangkan kesenangan untuk anda, cari! Jadikan hobi sehingga kapanpun anda bisa menjalankannya setiap kali beban hidup anda meningkat.

Salah satu hobi yang dimiliki banyak orang adalah jalan-jalan, baik dengan biaya mahal maupun murah semacam backpacker. Buat pemilik hobi ini, ke manapun perginya pasti bersukacita. Entah ke kota atau ke desa terpencil sekalipun, jika namanya jalan-jalan pasti menyenangkan. Satu tujuan yang bisa menyenangkan anda yang berhobi jalan-jalan sekaligus bermain adalah taman bermain, barangkali Disneyland yang ada di Hong Kong bisa dijadikan contoh. Mengapa harus ke Hongkong. Sayangnya, anda harus ke kota itu karena wahana permainan itu belum ada di sini. Selain itu, Toy Story Land yang merupakan arena bermain eksklusif untuk kawasan Asia belum lama ini telah dibuka di tempat tersebut, tepatnya 18 November 2011. Toy Story Land yang adalah wahana pertama dari proyek perluasan Hong Kong Disneyland menyajikan kisah-kisah dalam film Toy Story ke dunia nyata.

Selain menyediakan hiburan yang menarik, tempat ini juga memikirkan kebutuhan makan dan minum pengunjungnya terkait dengan keyakinan. Itulah sebabnya para juru masak Hong Kong Disneyland menyajikan makanan dan minuman halal. Sajian halal ini misalnya steak ayam dari Timur Tengah, laksa Singapura, serta santapan vegetarian dari India yang bisa ditemukan di sana dan semuanya bersertifikat halal. Ini tentu menggembirakan bagi pelancong muslim. Mereka tidak akan bimbang ketika harus membeli dan menyantap makanan.

Hong Kong Disneyland hanyalah sebuah contoh untuk penyaluran anda yang memiliki hobi jalan-jalan dan sekaligus bermain. Yang terpenting bukan pergi ke Hong Kong atau tempat lain tetapi bagaimana kita bisa bersenang-senang, baik dengan maupun tanpa biaya. Di dalam rumah sekalipun, jika anda bisa menemukan kesenangan, lakukan! Intinya, bila ingin bersenang-senang dan beban emosi berkurang, bermainlah.

Sumber gambar: di sini

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here