berburu kopi di kota wali
Masjid Agung Demak

Demak dikenal sebagai Kota Wali, bukan Kota Kopi. Di kota inilah berdiri sebentuk masjid peninggalan Wali Sanga atau sembilan wali, Masjid Agung Demak, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. Tidak ada perkebunan kopi. Adanya tanaman kopi yang ditanam masyarakat untuk dikonsumsi sendiri. Itu sepanjang yang saya tahu. Dan tak ada salahnya juga berburu kopi di kota ini.

Berburu Kopi

Meski bukan kota kopi, minuman berbahan kopi tetap bisa ditemukan di Demak. Dalam perjalanan #jalurkopi2 ini, saya sengaja menjadwalkan untuk berburu kopi di Kota Wali ini. Berdasarkan info dari teman, ada tempat menikmati kopi yang cukup dikenal. Ini kabar menarik. Dan tempat ini patut dicoba. Saya tak tahu apakah tempat ngopi di Demak itu menyediakan specialty coffee atau kopi sachet yang diseduh. Itu tak penting. Yang utama adalah ada tempat untuk bersilaturahmi dan menjalin tali persahabatan dengan teman-teman lama saya di kota ini sambil menikmati kopi. Perihal seperti apa kopi yang disajikan, saya akan kisahkan setelah pulang dari sana.

Malam ini, saya sedang menunggu jemputan oleh seorang teman saat SMP. Selanjutnya saya akan dibawanya ke tempat perburuan. Alamak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here