7 keajaiban duniaSeorang sahabat telah berbaik hati men-tag catatannya di Facebook ke saya. Isinya sangat menarik. Catatan itu bercerita tentang tujuh keajaiban dunia. Bukan tujuh keajaiban dunia seperti yang biasa dikenal orang. Ini tujuh keajaiban yang lebih dari itu tetapi sering orang tidak menyadarinya.

Barangkali ketika seseorang menyebutkan tujuh keajaiban dunia, yang terlintas di benak kita adalah Piramida, Taj Mahal, Tembok Besar China, Menara Pisa, Kuil Angkor, Menara Eiffel, dan Kuil Parthenon. Atau 7 keajaiban dunia tahun 2010 versinya CNN, yaitu Grand Canyon, Great Barrier Reef, Gunung Everest, Air Terjun Victoria, Northern Lights, Gunung Berapi Paricutin, dan Pelabuhan Rio de Janeiro. Hal itu bisa dimaklumi karena memang itulah yang diinformasikan media. Namun tahukah anda tujuh keajaiban dunia yang lebih segala-galanya dari yang disebutkan di atas? Anda mungkin akan tercengang dan baru ’ngeh’ bahwa ternyata selama ini anda dilingkupi oleh tujuh keajaiban itu.

Inilah tujuh keajaiban dunia yang selama ini mungkin anda abaikan dan tidak disyukuri. Agar tidak salah persepsi, kiriman dari sahabat itu saya copas saja di sini.

Seorang guru memberikan tugas kepada siswa-siswanya untuk menuliskan Tujuh Keajaiban Dunia. Tepat sebelum kelas usai, siang itu, semua siswa diminta untuk mengumpulkan tugas mereka masing-masing. Seorang gadis kecil yang paling pendiam di kelas itu, mengumpulkan tugasnya paling akhir dengan ragu-ragu. Tidak ada seorangpun yang memperhatikan hal itu.

Malamnya sang guru memeriksa tugas-tugas itu. Sebagian besar menuliskan demikian:

Tujuh Keajaiban Dunia :
1. Piramida
2. Taj Mahal
3. Tembok Besar China
4. Menara Pisa
5. Kuil Angkor
6. Menara Eiffel
7. Kuil Parthenon

Lembar demi lembar memuat hal yang hampir sama. Beberapa perbedaan hanya terdapat pada urutan penulisan daftar tersebut. Guru itu terus memeriksa sampai lembar yang paling akhir. Tapi saat memeriksa lembar yang paling akhir itu, sang guru terdiam. Lembar terakhir itu milik si gadis kecil pendiam. Isinya seperti di bawah ini.

Tujuh Keajaiban Dunia:
1. Bisa melihat.
2. Bisa mendengar.
3. Bisa menyentuh.
4. Bisa disayangi.
5. Bisa merasakan.
6. Bisa tertawa.
7. Bisa mencintai.

Setelah duduk beberapa saat, sang guru menutup lembaran tugas siswa-siswanya. Kemudian menundukkan kepalanya berdoa, mengucap syukur untuk seorang gadis kecil pendiam di kelasnya, yang telah mengajarkannya sebuah pelajaran berharga yang membuka pikirannya.

Tidak perlu mencari sampai ke ujung bumi untuk menemukan keajaiban. Keajaiban itu ada di sekeliling kita atau dalam diri kita sendiri.

Bersyukurlah atas semua yang kita miliki dan kita temui hari ini!

Bersyukurlah bila sampai saat ini kita masih bisa melakukan keajaiban-keajaiban tersebut.

Sumber gambar: di sini

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here