10 manfaat blogSudah berapa lama anda ngeblog? Ah, itu pertanyaan selanjutnya. Pertanyaan mendasar dulu, ”Apakah anda mempunyai blog?” Bila jawabannya tidak, anda pasti menyesal. Menyesal mengapa tidak membuat blog dari dulu jika mengetahui harta karun yang akan diperoleh dengan memiliki blog.

Ada 10 keuntungan yang bisa kita peroleh bila memiliki blog, asal blog itu terus dirawat agar tidak mejadi blog basi dan pembaca rajin berkunjung.

1. Belajar Menulis.

Blog bisa digunakan sebagai media latihan untuk menulis. Tulisan anda pasti dimuat karena anda sendiri yang menjadi editornya. Masalah tulisan yang dimuat itu menarik atau tidak, berkualitas atau bukan, itu urusan nanti. Asal tidak menyinggung sara, tidak porno, dan menggunakan bahasa yang santun, terus saja menulis. Dengan demikian siapa tahu nanti bisa diterbitkan menjadi buku. Banyak kan tulisan blog yang dibukukan? Coba sebutkan! Anda akan heran jika ternyata bisa menyebutkan puluhan judul buku yang berasal dari blog. Dan faktanya memang seperti itu. Dua orang teman blogger, Mataharitimoer dan Nonadita adalah contohnya.

2. Bertemu Banyak Orang

Blog yang kita miliki bisa menjadi sarana untuk menjalin silaturahim. Yang rajin blogwalking dan suka meninggalkan komentar setelah membaca blog orang bisa diciriin dari komentar-komentar yang masuk di blognya. Dengan saling meninggalkan komentar, yang baik tentunya bukan yang mencela dan mencaci, otomatis saudara kita akan bertambah banyak. Contohnya, saya kenal yang namanya Arman yang sudah dua tahun tinggal di Amerika. Jangan ditanya sudah pernah ketemu atau belum. Tahunya ya hanya lewat blog dengan saling memberi komentar. Mudah-mudahan saja saya bisa ke sana bertemu dengannya. Ada banyak lagi sahabat-sahabat yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Saya kenal mereka hanya lewat tulisan dan komentar yang mereka tinggalkan. Bisa dikatakan, blog kita dapat menjadikan kita selalu beruntung. Dahsyat betul.

3. Mendapatkan Peluang Kerja

Sangat mungkin blog yang dimiliki kita masukkan ke dalam curriculum vitae atau daftar riwayat hidup saat melamar pekerjaan. Blog itu bisa digunakan sebagai pembuktian kemampuan menulis dan menunjukkan minat yang dimiliki. Asal tidak berisi gosip dan hal-hal tercela, blog bisa membantu menaikkan poin pemiliknya di mata tim perekrut.

4. Mesin Uang

Blog bisa menjadi mesin uang. Bila tulisan kita bagus kemudian banyak pembaca, tidak sedikit pengiklan yang akan datang. Jelas ini tawaran yang ada uang di baliknya. Selain itu kita juga bisa menggunakan blog untuk menulis ulasan yang berbayar seperti dari Sponsored Reviews, Blogsvertise, Reviewme, Reviewmu dan masih banyak lagi. Saya pernah menulis tentang 25 situs di internet yang mau membayar para blogger.

5. Menawarkan Keahlian

Melalui blog, kita juga bisa menggambarkan sekaligus memberikan bukti keahlian yang kita miliki. Dari situ pembaca akan mengetahui kemampuan apa yang kita miliki. Anda punya keahlian apa? Tulis saja dan tawarkan di blog anda. Dijamin, masyarakat internet akan melihatnya. Siapa tahu sebagian dari mereka tertarik dengan keahlian yang bisa jadi unik yang anda miliki itu.

6. Mengekspresikan Diri

Nggak memiliki teman buat curhat? Santai saja. Tuliskan segala uneg-uneg, sakit hati, atau perasaan melayang-layang karena sedang jatuh cinta di blog yang anda miliki. Ungkapan emosi anda pasti akan direspon oleh pembaca blog anda. Setidaknya anda akan merasa lega setelah menyalurkannya melalui tulisan di blog. Right or wrong, that’s your blog.

7. Mempromosikan Usaha

Mengapa tidak? Sah-sah saja kok menggunakan blog sebagai media promosi. Malah sangat disarankan memiliki blog jika anda memiliki usaha, usaha apapun. Bahkan saya pernah menemukan blog yang menawarkan jasa klenik termasuk santet. Amit-amit!

8. Mudah

Membuat blog itu sangat mudah. Yang susah adalah merawatnya. Jika yang sulit itu menggerakkan hati untuk mulai membuat blog, nah… ini masalah yang paling mendasar. Ada banyak layanan blog gratis di internet, yang paling populer ya WordPress dan Blogger (Blogspot). Hanya perlu waktu beberapa menit… cling… anda sudah menjadi penulis sekarang. Enak toh, mantep toh?

9. Menjadi Selebriti

Blog bisa menjadikan anda terkenal layaknya selebriti. Memang mungkin saja itu bukan tujuan utama tetapi hal itu sangat mungkin terjadi. Saat saya mengikuti acara kumpul-kumpulnya online publisher di Kaliurang beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba ada yang nyeletuk, ”Oh ini toh yang namanya Isnaini.” ”Oh itu toh si Jauhari. Kok item ya?” Mereka sebelumnya hanya dikenal namanya dari blog yang mereka miliki.

10. Tempat Having Fun

Betul, blog itu tempat untuk bersenang-senang. Bagi yang sudah masuk stadium tiga alias sudah kecanduan, mereka bisa sakau bila sehari tidak ngeblog. Kita bisa membaca blog-blog yang disenangi, menulis di blog hal-hal yang kita sukai. Blog bisa seperti narkoba, tapi halal. Maka dari itu, nikmatilah.

Sumber gambar: di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here